Calon Tunggal, Gandung Pardiman Bakal Pimpin Golkar DIY

Ilustrasi Partai Golkar - JIBI
03 Maret 2020 20:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pendaftaran bakal calon (balon) Ketua DPD I Golkar DIY ditutup pada Selasa (3/3/2020) pukul 12.00 WIB. Hasilnya hanya ada satu calon yang secara resmi akan bertarung memperebutkan kursi Ketua DPD I Golkar DIY dalam Musyawarah Daerah (Musda) X yang dihelat pada Rabu (4/3/2020) di Kota Jogja. Ketiadaan calon lain ini menguatkan sinyal Musda akan selesai dengan cara aklamasi.

Ketua Steering Committee Musda X Partai Golkar DIY John S Keban mememastikan setelah menunggu sampai batas waktu pendaftaran dan penyerahan berkas, hanya ada satu orang yang mendaftarkan diri sebagai calon Ketua DPD I Golkar DIY. Dia adalah Gandung Pardiman yang secara resmi mengambil formulir pada Senin (2/3/2020) kemudian mengembalikannya pada Selasa (3/3/2020). Pengambilan dan pengembalian berkas itu diserahkan oleh perwakilan serta pendukung dari bakal calon tersebut.

“Kami menunggu hingga pukul 12.00 WIB, tidak ada pendaftar lain, hanya satu yaitu Bapak Gandung Pardiman. Sesuai arahan dari Ketua Umum, bahwa Partai Golkar akan mengembalikan demokrasi politik yang telah jauh dari rel demokrasi pancasila,” ungkapnya Selasa (3/3/2020).

Menurutnya setelah dilakukan verifikasi berbagai persyaratan yang diajukan Gandung sudah lengkap dan mendapatkan dukungan lebih dari 30% dari total 11 suara dalam Musda X DPD I Golkar DIY. Ia mengatakan dengan hanya ada satu calon Ketua DPD I Golkar DIY, maka ada peluang besar musda akan bisa diselesaikan dengan musyawarah mufakat atau lazim disebut aklamasi. Menurutnya cara musyawarah ini justru sejalan dengan demokrasi pancasila. Keban yakin proses Musda X Golkar DIY akan berjalan lancar dan tanpa pertentangan karena semua internal Golkar sudang sepakat untuk menjalan proses demokrasi pancasila.

“Musda X ini tergolong singkat persiapannya. Karena kami sangat menjunjung demokrasi pancasila maka ada peluang besar untuk musyawarah mufakat atau aklamasi dan kami coba pelopori itu,” katanya.

Sejumlah elemen internal Golkar yang memberikan dukungan terhadap Gandung Pardiman pun turut hadir dalam penyerahan berkas tersebut, Selasa (3/3/2020). Antara lain Ketua DPD II di lima kabupaten dan kota di DIY, serta sejumlah organisasi baik pendiri maupun yang didirikan Partai Golkar.