WABAH CORONA: Pulang Umrah, 2 Warga Bantul Diisolasi di RSUD Panembahan Senopati

RSUD Bantul-Harian Jogja - Ujang Hasanudin
05 Maret 2020 17:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul melakukan perawatan khusus di ruang isolasi terhadap dua pasien yang mengalami keluhan demam, batuk dan nyeri tenggorokan. Pasien dalam pengawasan (PDP) tersebut mengalami keluhan tersebut setelah pulang dari menjalankan ibadah umrah.

Dengan adanya dua pasien dalam pengawasan tersebut, total sudah ada empat pasien dalam pengawasan di RSUD panembahan Senopati. “Yang dua pasien sudah dinyatakan negatif oleh RS Sardjito [dan sudah dipulangkan]. Sekarang masih ada dua pasien di ruang isolasi, kebetulan baru pulang umrah sehingga masih dalam pengawasan,” kata Direktur Umum RSUD Panembahan Senopati, I Wayan Marthana, saat ditemui di Parasamya, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bantul, Kamis (5/3/2020).

Wayan mengatakan belum menelusuri secara detail riwayat dua pasien yang ada di ruang isolasi tersebut. Namun salah satu di antaranya adalah seorang perempuan berusia 63 tahun yang baru pulang dari Mekkah dalam menjalankan ibadah umrah. Selain merawat dua pasien tersebut, pihak rumah sakit bekerjasama dengan Dinas Kesehatan tengah menelusuri siapa saja yang sudah berinteraksi dengan dua pasien tersebut di lingkungan pasien itu.

Ia memastikan dua pasien tersebut masih dalam pengawasan sehingga untuk kepastiannya masih menunggu uji laboratorium RSUP DR Sarjito.