Cegah Corona, Dinkes Kulonprogo Minta Warga Hindari Cipika-Cipiki

Jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo Kulonprogo mempraktikkan cara cuci tangan yang benar kepada awak media dalam jumpa pers di Aula Dinkes Kulonprogo, Rabu (4/3/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
05 Maret 2020 02:17 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Untuk mencegah penyebaran COVID-19, Dinas Kesehatan Kulonprogo mengimbau masyarakat untuk meminimalisir kontak dengan orang yang sakit flu, terlebih yang bersinggungan langsung dengan wajah karena wilayah tersebut mudah menularkan virus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kulonprogo, Baning Rahayujati menyebut hal ini juga termasuk dalam kegiatan cipika-cipiki (cium pipi kanan dan cium pipi kiri) yang sering dilakukan masyarakat. "Mohon hindari dulu cipika-cikipi," kata dia kepada media dalam jumpa pers di Aula Dinkes Kulonprogo, Rabu (4/3/2020).

Dirinya yang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Ahli Epidemiologi Indonesia DIY ini menerangkan bila virus corona ditularkan lewat droplet yang bisa menyebar lewat semburan dahak dan ludah saat batuk atau bersin. Droplet tersebut jika mengenai tangan atau wajah akan semakin memperbesar kemungkinan penularan.

Untuk itu, jawatannya pagi ini sudah mengumpulkan seluruh kepala puskesmas untuk penguatan penanganan COVID-19. Melalui Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kulonprogo juga menggalakkan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) sebagai pencegahan penyakit.