Advertisement

Cegah Corona, Dinkes Kulonprogo Minta Warga Hindari Cipika-Cipiki

Lajeng Padmaratri
Kamis, 05 Maret 2020 - 02:17 WIB
Nina Atmasari
Cegah Corona, Dinkes Kulonprogo Minta Warga Hindari Cipika-Cipiki Jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo Kulonprogo mempraktikkan cara cuci tangan yang benar kepada awak media dalam jumpa pers di Aula Dinkes Kulonprogo, Rabu (4/3/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Untuk mencegah penyebaran COVID-19, Dinas Kesehatan Kulonprogo mengimbau masyarakat untuk meminimalisir kontak dengan orang yang sakit flu, terlebih yang bersinggungan langsung dengan wajah karena wilayah tersebut mudah menularkan virus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kulonprogo, Baning Rahayujati menyebut hal ini juga termasuk dalam kegiatan cipika-cipiki (cium pipi kanan dan cium pipi kiri) yang sering dilakukan masyarakat. "Mohon hindari dulu cipika-cikipi," kata dia kepada media dalam jumpa pers di Aula Dinkes Kulonprogo, Rabu (4/3/2020).

Advertisement

Dirinya yang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Ahli Epidemiologi Indonesia DIY ini menerangkan bila virus corona ditularkan lewat droplet yang bisa menyebar lewat semburan dahak dan ludah saat batuk atau bersin. Droplet tersebut jika mengenai tangan atau wajah akan semakin memperbesar kemungkinan penularan.

Untuk itu, jawatannya pagi ini sudah mengumpulkan seluruh kepala puskesmas untuk penguatan penanganan COVID-19. Melalui Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kulonprogo juga menggalakkan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) sebagai pencegahan penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement