Advertisement

Antisipasi Corona, Dishub Sleman Sediakan Antiseptik di Terminal

Newswire
Jum'at, 06 Maret 2020 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Antisipasi Corona, Dishub Sleman Sediakan Antiseptik di Terminal Suasana terminal Jombor pada Sabtu (25/5/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Masuknya virus Corona (COVID-19) ke Indonesia turut membuat Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman melakukan langkah antisipasi agar virus mematikan tersebut tak masuk ke wilayahnya. Cara yang dilakukan adalah menyiapkan cairan antiseptik (hand sanitizer) di terminal-terimal angkutan umum di wilayah setempat.

"Mulai hari ini [Jumat] dan besok [Sabtu] kami akan menyediakan 'hand sanitizer' di terminal-terminal yang pengelolaannya di bawah Dishub Sleman," kata Sekretaris Dishub Kabupaten Sleman Sulton Fatoni di Sleman, Jumat (6/3/2020).

Advertisement

Menurut dia, terminal-terminal angkutan tersebut meliputi Terminal Prambanan, Terminal Condongcatur, Terminal Pakem terminal Gamping dan lainnya. "Sedangkan untuk Terminal Jombor, Sleman untuk pengelolaannya di bawah Dishub Provinsi DIY," katanya.

Ia berharap awak angkutan umum maupun masyarakat pengguna jasa angkutan dapat memanfaatkan 'hand sanitizer itu. "Ini juga sebagai tindak lanjut dari instruksi Bupati Sleman yang meminta agar fasilitas-fasilitas umum menyediakan 'hand sanitizer' untuk mengantisipasi merebaknya virus Corona," katanya.

Sulton mengatakan untuk pemantauan atau pengawasan terhadap pergerakan penumpang di terminal-terminal saat ini belum dilakukan.

Menghadapi ancaman virus Corona, Pemerintah Kabupaten Sleman akan mengadakan sosialisasi ke masyarakat tentang upaya preventif penyakit itu. Sosialisasi melibatkan petugas Dinas Kesehatan (Dinkes), puskesmas, dan kecamatan.

"Masyarakat tidak perlu resah tapi harus waspada. Yang penting adalah menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," kata Bupati Sleman Sri Purnomo.

Ia mengatakan, guna membiasakan perilaku hidup sehat, pengelola fasilitas umum diminta untuk menyiapkan tempat cuci tangan lengkap dengan cairan antiseptik.

"Selama ini, sosialisasi mengenai PHBS sudah sering dilakukan oleh petugas puskesmas. Namun dengan adanya kasus Corona, edukasi perlu lebih ditingkatkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement