Advertisement

Talut Ambrol, Tembok Rumah Warga Jebol

Ujang Hasanudin
Selasa, 10 Maret 2020 - 14:57 WIB
Arief Junianto
Talut Ambrol, Tembok Rumah Warga Jebol Warga sedang membersihkan sisa material talut yang ambrol di Dusun Ketos, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Selasa (10/3/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak beberapa hari terakhir menyebabkan seratusan pohon tumbang dan longsor di beberapa titik. Salah satunya talut ambrol di RT 4 Dusun Ketos, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Bantul. Akibatnya, material talut yang ambrol tersebut menjebol tembok rumah warga.

Rumah yang jebol pada bagian tembok ruang tengah itu adalah milik Yunadi, 43. Kendati tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tetapi material longsoran menimbulkan kerusakan parah, bahkan diperkirakan butuh sekitar Rp20 juta untuk perbaikan.

Advertisement

Yunadi mengatakan material talut yang menimpa tembok rumahnya itu terjadi pada Senin (9/3/2020), sekitar pukul 03.30 WIB. Saat kejadian, hujan tengah turun deras disertai angin.

Dia yang saat itu sedang tidur dalam kamar kaget dengan ambrolnya talut sepanjang enam meter dan tinggi 2,5 meter tersebut. "Seperti suara gemuruh," kata dia, di rumahnya, Selasa (10/3/2020).

Lebih kaget lagi ketika dia melihat ruang tamu dalam rumahnya dipenuhi tanah dan batu-batu ukuran besar serta air hujan campur lumpur mengalir ke dalam rumah. Meja dan kursi tamu pun tertutup tanah.

Kejadian tersebut langsung ditangani petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Sriharjo dan sejumlah sukarelawan. "Yang membersihkan tanah dan mengangkut batu-batu kemarin para relawa," ujar Yunadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement