Hari Kedua, Job Fair 2020 Kian Banyak Diserbu Pencari Kerja

Pencari kerja memadati Auditorium LPP dalam Jobfair 2020, Rabu (11/3/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
11 Maret 2020 15:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Penyelenggaraan hari kedua bursa kerja bertajuk Job Fair 2020 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja di Auditorium Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP), Rabu (11/3/2020), kian ramai diserbu pencari kerja.

Sekitar pukul 10.00 WIB, antrean pendaftaran di lobi Auditorium LPP sudah dipadati pencari kerja dari Kota Jogja dan sekitarnya. Di dalam auditorium, sebanyak 40 stan dengan total 51 perusahaan menyediakan 6.632 lowongan kerja.

Salah satu pencari kerja, Yusuf, mengatakan dia datang untuk mencari pwkerjaan yang sesuai kemampuan dan gelar akademiknya, yakni D3 Teknik Mesin. "Ada lowongan yang sesuai tapi cuma sedikit. Mungkin bisa diperbanyak lagi agar lebih variatif," ujarnya.

Selain menyediakan lowongan kerja, bursa kerja tersebut juga menampilkan hasil program Dinas Koperasi UMKM dan Nakertrans Kota Jogja, yakni pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) yang tersebar di sejumlah lokasi.

TKM diberi ruang tampil dalam jobfair dengan membuka stan dan fashion show. Sejumlah TKM yang terlibat diantaranya batik dan ecoprint dari Kotagede, jumputan dari Umbulharjo, kerajinan rajut dari Tegalrejo dan aneka kuliner dari Mergangsan.

Salah satu peserta TKM, Rosa, mengatakan ia bersama dua rekannya, Cicik dan Tatik, membuka stan di Job Fair 2020 ini dengan membawa produk buatan mereka berupa kain jumputan dan aneka makanan. Mereka tergabung dalam kelompok TKM Batik Abstrak Kotagede.

Kelompok ini terdiri dari 20 orang yang pada 2019 lalu menjalani pelatihan membatik di Kotagede. Meski demikian, anggota kelompok berasal dari wilayah yang berbeda-beda. "Follow up pelatihan kami sering diajak kalau ada pameran oleh Pemkot," katanya.

Wakil Wali Kota jogja, Heroe Poerwadi, menuturkan Job Fair 2020 merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban Pemkot untuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat. "Jenis pekerjaannya sangat beragam, mulai dari yang manual sampai milenial ada semua," ujarnya.

Beberapa perusahaan yang ikut serta dalam Job Fair 2020 di antaranya Penerbit Erlangga, Koperasi Telkomsel, Citranet, Alfamidi, Smartfren Telekom, J&T Express, Mirota Kampus, Media Tribun, Sumber Baru Motor, Matahari Departement Store dan lainnya.