Advertisement

Ribuan Miras Dimusnahkan dalam Peringatan HUT Pol PP dan Satlinmas

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 12 Maret 2020 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ribuan Miras Dimusnahkan dalam Peringatan HUT Pol PP dan Satlinmas Ilustrasi pemusnahan ribuan botol miras. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Upacara peringatan ulang tahun Satuan Polisi Pamong Praja DIY ke-70 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-58 yang pada tahun ini dipusatkan di Alun-alun Wates, Kulonprogo, Kamis (12/3/2020), diwarnai dengan pemusnahan minuman keras.

Sebanyak 3.230 miras berbagai merek dan jenis itu dimusnahkan dengan cara dilindas menggunakan stom. Adapun ribuan miras itu merupakan hasil sitaan Satpol PP DIY dari berbagai wilayah di DIY selama 2019-2020.

Advertisement

Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, mengatakan Pemda DIY sudah memiliki Perda No 12/2015 tentang Pengendalian Minuman beralkohol dan Pelarangan Minuman Oplosan. Berdasarkan peraturan tersebut pihaknya telah bergerak dengan rutin menggelar operasi yustisi, yang hasilnya kemudian dimusnahkan dalam peringatan HUT ini.

"Dan bertepatan dengan HUT Satpol PP dan Satlinmas ini, kami minta Kejaksaan Negeri terutama yang di Kulonprogo untuk membantu memusnahkan barang bukti itu," kata Noviar di sela-sela pemusnahan miras, Kamis siang.

Menurutnya pemusnahan ini sangat tepat dengan momen sekarang, yang mana DIY sedang dilanda persoalan tentang kejahatan jalanan atau biasa disebut klithih. Dan salah satu pemicunya adalah konsumsi miras. "Oleh karena itu kami gencar melakukan operasi seperti ini, minimal dua kali seminggu di seluruh wilayah DIY," ucapnya.

Selain pemusnahan miras, puncak peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas ini juga dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan, di antaranya pementasan Tari Angguk hingga penampilan aksi kesiapsiagaan personil Satlinmas.

Sebelum itu, juga digelar pelbagai kegiatan seperti perlombaan olahraga antar personil Satpol PP se DIY, bakti sosial kemasyarakatan dan penanaman pohon di Kapanewon Kokap. Seluruh kegiatan itu diadakan di Kulonprogo yang pada tahun ini memang dipilih sebagai lokasi peringatan HUT.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, yang hadir dalam upacara itu berharap ulang tahun ini bisa menjadi momen bagi jajaran Satpol PP dan Satlinmas di seluruh DIY agar meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat.

Ketugasan dua entitas itu menurutnya penting demi terjaminnya keamanan dan kenyamanan di lingkungan masyarakat. Ke depan, DIY juga akan menambah personil Satlinmas sebagai upaya regenerasi.

"Yang paling utama adalah regenerasi. Kita akan banyak merekrut Satlinmas. Karena mereka yang paling tahu kondisi masyarakat. Sementara Pol PP bersama dengan institusi lain seperti kepolisian dan TNI juga bertugas dalam rangka menciptakan keamanan dan ketentraman," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement