Advertisement

Penjelasan Pemprov soal Pasien Terkait Corona di DIY

Salsabila Annisa Azmi
Jum'at, 13 Maret 2020 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Penjelasan Pemprov soal Pasien Terkait Corona di DIY Ilustrasi virus Corona. - REUTERS/Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Kesehatan DIY menjelaskan informasi terkini pasien di wilayah ini yang dirawat karena diduga terkait virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembayun Setyaning Astutie mengatakan untuk pemeriksaan lab usap dahak dan darah pasien, Pemda DIY tetap menghormati keputusan Pemerintah Pusat.

Advertisement

"Harus hati-hati dan terstandar. Kalau memang benar BBTKLPP [Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit] DIY-Jateng sudah bisa melakukan pemeriksaan serupa dan diberikan kewenangan oleh Pusat, maka kami akan lebih senang dan berterima kasih," kata Pembayun, Jumat (13/3/2020).

Lebih jauh Pembayun memaparkan total data pasien dalam pengawasan (PDP) sampai 12 Maret 2020 di DIY. Pasien sudah diperiksa ada 13 orang dengan hasil negatif 11 orang dan nihil hasil positif. Sementara itu dua orang masih dalam proses pemeriksaan yaitu dua pasien di ruang isolasi RSUP Dr. Sardjito.

Sementara itu perkembangan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSUP Sardjito sampai dengan Jumat (13/3/2020) masih sama seperti kemarin, Kamis (12/3/2020).

Seperti yang telah diketahui, ruang isolasi RSUP Sardjito merawat dua orang PDP. Satu orang merupakan hasil rujukan dari RSUD Wates yang baru saja pulang dari umrah di Arab Saudi, sementara satu orang lagi merupakan balita berusia tiga tahun.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Sardjito Banu Hermawan mengatakan kondisi balita berusia tiga tahun masih stabil membaik. Sementara kondisi pasien rujukan masih dalam pengawasan di ruang isolasi.

Terkait hasil lab dari kedua pasien, Banu mengatakan hingga kini belum keluar. Belum ada perkembangan lebih lanjut terkait pasien. "Mohon maaf, kondisi yang saya sampaikan masih seperti kemarin," kata Banu, Jumat (13/3/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement