Advertisement

KPU Tunggu Penyerahan Berkas Pasangan Kelick-Yayuk

David Kurniawan
Senin, 16 Maret 2020 - 19:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
KPU Tunggu Penyerahan Berkas Pasangan Kelick-Yayuk ilustrasi. - dok

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—KPU Gunungkidul siap meneliti dan mencocokkan ulang dokumen dukungan pasangan Kelick Agung Nugroho-Yayuk Kristiyawati. Meski demikian, penelitian baru bisa dilaksanakan setelah dokumen dari bakal calon diserahkan.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan jajarannya masih menunggu penyerahan berkas dukungan dari pasangan Kelick-Yayuk. Sesuai informasi yang diperoleh, pasangan ini bakal menyerahkan berkas dukungan pada Rabu (18/3). “Kami masih menunggu berkas, karena tanpa dokumen itu kami tidak bisa mengeceknya,” kata Hani kepada wartawan, Senin (16/3/2020).

Advertisement

Dia menjelaskan KPU sudah mengecek berkas yang diserahkan pasangan Kelick-Yayuk. Namun berdasarkan putusan dari Bawaslu Gunungkidul dalam musyawarah sengketa atas pengajuan gugatan oleh pasangan tersebut, KPU wajib memeriksa ulang berkas dukungan. “Kami punya waktu tiga hari kerja untuk menindaklanjuti putusan itu, tapi penelitian ulang sangat tergantung dari penyerahan berkas bakal calon,” katanya.

Hani menegaskan apabila dokumen syarat dukungan telah diserahkan, maka jajarannya langsung meneliti dan mencocokkan. “Kalau Rabu pagi bisa diserahkan, maka kami usahakan hari itu juga selesai diteliti,” katanya.

Menurut dia, seharusnya proses penelitian bisa lebih cepat karena sebagian besar data sudah dicocokkan dan diurutkan sesuai dengan data yang termuat dalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). “Untuk data yang diserahkan juga harus sama sesuai data awal yakni sebanyak 46.879 dukungan. Jika nanti diserahkan kami bakal meneliti ulang sejak awal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement