Pemudik Mulai Berdatangan, Polisi & Kecamatan Minta Mereka Isolasi Diri

Ilustrasi - Antara Foto/Novrian Arbi
26 Maret 2020 17:47 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Polda DIY bakal mengawasi pemudik dari berbagai wilayah di Indonesia yang pulang kampung ke ke DIY untuk mencegah penyebaran Corona.

“Polri bersama sama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19, bersama unsur TNI akan mendata mereka [warga yang pulang kampung ke wilayah DIY],” ujar Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, Kamis (26/3/2020).

Yuliyanto mengimbau kepada warga yang datang dari luar DIY untuk melakukan isolasi di rumah masing-masing selama 14 hari ke depan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Artinya mereka tidak boleh keluar rumah sehingga dimohon kepada warga yang kembali ke DIY untuk melaporkan kepada perangkat setempat sesampainya di wilayah DIY,” kata dia.

Camat Ngaglik Subagyo mengatakan semakin banyak warga luar daerah yang memutuskan untuk pulang kampung, terutama ke wilayah Sleman akibat mekanisme work from home (WFH) yang diterapkan di sebagian besar wilayah di Indonesia. Kepulangan para pemudik menjadi perhatian tersendiri bagi ia dan jawatannya.

“Kami harapkan agar warga tersebut harus segera memeriksakan diri ke puskesmas maupun rumah sakit dan diwajibkan untuk isolasi mandiri di rumah masing-masing,” kata dia.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia