Kuliah Beralih Daring, Sejumlah Kampus di Jogja Beri Subsidi Kuota Internet untuk Mahasiswa

Dosen memantau sejumlah tugas perkuliahan secara daring, Sabtu (14/03/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto
04 April 2020 06:47 WIB Lajeng Padmaratri Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Keluhan sejumlah mahasiswa terkait penggunaan kuota internet yang membengkak berkat kuliah daring untuk pencegahan penularan virus corona ditanggapi pihak kampus dengan pemberian subsidi internet.

Salah satunya yang memberikan bantuan internet kepada mahasiswanya ialah Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Pembatasan kegiatan di kampus dan kebijakan kuliah online sampai 29 Mei 2020 membuat kampus ini memberi bantuan kuota internet untuk mahasiswa.

"Kami memberikan bantuan Rp200.000 untuk kuliah online semester ini kepada mahasiswa aktif dengan memotong biaya kuliah semester gasal tahun akademik 2020/2021," kata Kepala Bidang Humas dan Protokol UAD, Ariadi Nugraha saat dihubungi Harianjogja.com, Jumat (3/4/2020).

Selain itu, mahasiswa juga diberikan paket internet gratis 30GB untuk provider tertentu.

Ariadi menuturkan keluhan mahasiswa terkait akses internet wajar adanya mengingat kondisi perkuliahan yang beralih total ke sistem daring seperti saat ini. Meski begitu, praktik kuliah daring sebenarnya bukan hal baru di UAD.

"Sebelum pandemi Covid-19 beberapa mata kuliah sudah menggunakan sistem daring. Karena sifatnya bantuan, UAD memberikan Rp200.000/mahasiswa untuk semester ini. Kami harap kondisi segera membaik dan aktivitas kampus berjalan seperti biasanya," terangnya.

Praktik serupa juga dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang menyelenggarakan kuliah daring sejak 16 Maret. Rektor UMY Gunawan Budiyanto beralasan kuliah online yang membutuhkan jaringan internet awalnya bisa membebani mahasiswa yang tak punya koneksi lancar.

"Kami berikan subsidi Rp150.000 untuk mahasiswa perbulan terhitung 3 bulan mulai Maret sampai Mei 2020," kata Gunawan. Seperti UAD, wujud subsidi ini berupa pemotongan pembayaran sumpangan pembinaan pendidikan (SPP) semester gasal tahun akademik 2020/2021.