Tanah Ambles, Seorang Petani Terperosok Masuk Lubang

Ilustrasi tanah ambles - Ist
05 April 2020 20:57 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Fenomena tanah ambles atau sinkhole terjadi di Dusun Plebengan Tengah, Desa Candirejo, Kecamatan Semanu, Minggu (5/4/2020). Peristiwa yang terjadi di ladang tersebut membuat seorang petani terperosok ke dalam lubang. Beruntung korban bisa segera dievakuasi dan tidak mengalami luka.

Kapolsek Semanu, AKP Ahmad Fauzi, menuturkan kejadian bermula saat Mujio dan Murtiyem berada di ladang untuk membersihkan rumput. Saat itu, jarak keduanya cukup jauh namun mereka masih bisa saling menyapa.

Sekitar pukul 11.30 WIB Mujio mendengar suara tanah ambles. Dia lantas berbalik mencari sang istri yang sebelumnya berada di belakangnya. Dia kaget karena istrinya tidak ada. Saat berusaha mencari Mujio menemukan istrinya terperosok di dalam lubang. "Murtiyem berada di dasar lubang berkedalaman sekitar tiga meter," kata Fauzi, Minggu.

Mendapati kejadian itu, Mujio lantas meminta bantuan warga setempat untuk menolong istrinya. Tak berselang lama, warga langsung berusaha menolong korban. Dengan menggunakan tangga, Murtiyem berhasil diselamatkan oleh warga. "Korban tidak terluka hanya kaget karena kejadian itu," ujarnya.

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban lain, di sekitar lubang langsung dipasangi garis polisi. Menurut keterangan Murtiyem, lubang di atas cukup kecil, namun kolom di dalam lubang cukup besar.

Bhabinkamtibmas Candirejo, Aipda Wawan, mengungkapkan dari keterangan warga setempat kejadian tanah ambles sudah terjadi dua kali di Desa Candirejo. Pihaknya mengimbau kepada para petani dan warga sekitar untuk menjauhi kawasan tersebut. "Meski diameter lubang di permukaan terlihat kecil tetapi berdasar keterangan korban di dalamnya cukup luas," kata Wawan.