Advertisement

Kulonprogo Siapkan Gedung untuk Karantina ODP. Di Sini Tempatnya ...

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 07 April 2020 - 04:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kulonprogo Siapkan Gedung untuk Karantina ODP. Di Sini Tempatnya ... Foto dari bentuk tiga dimensi model Virus Corona. - Reuters/ Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Pemerintah Kabupaten Kulonprogo telah menyiapkan sejumlah gedung sebagai tempat alternatif untuk karantina mandiri bagi warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Sebenarnya kami lebih menekankan ke karantina mandiri di rumah, tapi jika ke depan ternyata ODP khususnya yang dari pemudik dan pendatang banyak, maka kami sudah siapkan tempat karantina," kata Bupati Kulonprogo, Sutedjo, kepada Harian Jogja, Senin (6/4/2020).

Advertisement

Adapun beberapa gedung yang bisa digunakan untuk tempat karantina meliputi Wisma Dharmais di Kapanewon Pengasih; Wisma Sermo Asri, Kapanewon Kokap; dan satu dari tiga Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang dikelola pemkab.

"Jika ke depan ternyata masih kurang, kami juga akan siapkan Taman Budaya Kulonprogo [Kapanewon Pengasih] sebagai tempat karantina," ujarnya.

Dijelaskan Sutedjo aspek yang akan dipertimbangkan untuk mengoperasikan gedung karantina itu yakni jika terjadi penolakan yang masif kepada pemudik maupun pendatang. Sementara sampai saat ini belum ada penolakan semacam itu sehingga pemanfaatan gedung karantina tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Jika sampai ada penolakan tentunya akan kami tampung di gedung karantina dengan pemantauan khusus dan disertai bantuan logistik, tapi kami harap itu tidak terjadi," ujarnya.

Sutedjo sebenarnya berharap jumlah pendatang yang menuju Kulonprogo tidak banyak sehingga karantina mandiri bisa dilakukan di kediaman para pemudik tanpa harus ditempatkan ke gedung khusus karantina.

"Jadi kami mohon untuk perantau jangan mudik dulu, jika kemudian tetap mudik kami minta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement