Advertisement

Gunungkidul Akan Memasuki Musim Kemarau Lebih Dahulu

Hafit Yudi Suprobo
Sabtu, 18 April 2020 - 15:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gunungkidul Akan Memasuki Musim Kemarau Lebih Dahulu Ilustrasi kemarau di ladang pertanian - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Staklim Mlati Yogyakarta memprakirakan jika awal musim kemarau di wilayah DIY terjadi pada Mei. Wilayah kabupaten Gunungkidul diperkirakan akan mengalami musim kemarau terlebih dahulu jika dibandingkan wilayah kabupaten lain.

Kepala kelompok data dan informasi Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta Etik Setyaningrum mengatakan jika wilayah Gunungkidul, khususnya bagian selatan akan memasuki musim kemarau terlebih dahulu yakni sekitar akhir April hingga awal Mei 2020.

Advertisement

"Sedangkan, untuk wilayah lainnya seperti kabupaten sleman, Kulonprogo, Bantul, Kota Jogja, dan Gunungkidul bagian utara akan memasuki musim kemarau di awal hingga pertengahan bulan Mei," ujar Etik, Sabtu (18/4/2020).

Lebih lanjut, dengan melihat prediksi musim kemarau di atas, maka saat ini di bulan April hingga menjelang masuknya musim kemarau 2020 di bulan Mei mendatang, maka secara umum di wilayah DIY saat ini memasuki masa transisi atau pancaroba. Artinya, peralihan musim dari musim hujan menuju musim kemarau.

"Secara umum kondisi rata rata cuaca harian, di pagi hingga siang hari kondisi cerah berawan dengan suhu berkisar 30 sampai 33 celcius. Potensi terjadinya hujan kategori sedang hingga lebat yang disertai petir, dan angin kencang masih berpotensi muncul di wilayah DIY terutama diperiode siang, sore, hingga menjelang malam hari," ungkap Etik.

Adapun, BMKG Staklim Mlati Yogyakarta mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dan mengantisipasi dalam menghadapi masa transisi atau pancaroba serta untuk mempersiapkan berlangsungnya musim kemarau.

"Terutama di wilayah yang rentan terhadap bencana kekeringan meteorologis. Kemudian, bagi petani agar dapat menyesuaikan pola tanam menjelang masuknya musim kemarau, agar terhindar dari kerugian produktifitas," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement