Advertisement

Warga Rejowinangun Bantu 1.000 Masker

Sunartono
Rabu, 22 April 2020 - 07:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Warga Rejowinangun Bantu 1.000 Masker Pengumpulan masker oleh warga Kelurahan Rejowinangun, Kotagede. - ist/Rejowinangun

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Warga Rejowinangun, Kotagede, Kota Jogja mengumpulkan sedikitnya 1.000 masker untuk dibagikan kepada warga masyarakat yang belum mengenakan masker di jalanan. Upaya ini sebagai bentuk kepedulian warga dalam membantu mencegah penyebaran Covid-19.

Lurah Rejowinangun Kotagede, Kota Jogja Wulan Purwandari menjelaskan sesuai dengan imbauan dari Pemerintah Pusat bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini seluruh warga harus mengenakan masker, terutama jika bepergian ke luar rumah. Hal ini untuk mencegah penyebaran penyakit mematikan itu.

Advertisement

Sejalan dengan hal itu warga di Kelurahan Rejowinangun memiliki inisitaif untuk melakukan swadaya dengan mengumpulkan masker. Mengingat saat ini masih ditemukan warga yang tidak mengenakan masker.

“Pengumpulan masker ini dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19, warga di wilayah Kelurahan Rejowinangun atas dasar hati nurani dan kemauan bersama dalam menolong sesama warga masyarakat yang belum menggunakan masker sebagai alat pelindung diri dari penyebaran Covid 19,” katanya Selasa (21/4/2020).

Warga secara mandiri menyetorkan masker itu ke Kantor Kelurahan Rejowinangan dengan jumlah yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan. Dalam proses pengumpulan tersebut hanya diwakili oleh kelompok masyarakat secara kolektif dengan sepenuhnya menggunakan protokol kesehatan seperti menjaga jarak.

Wulan mengatakan masker tersebut berjumlah 1.000, selanjutnya diserahkan ke Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di level Kecamatan Kotagede. Pihaknya mengapresiasi kearifan lokal warganya yang secara aktif memberikan bantuan tersebut.

“Ini inisiatif warga, Kelurahan Rejowinangun melakukan gerakan swadaya mengumpulkan masker bersama sejumlah 1.000 masker, yang selanjutnya masker tersebut dikumpulkan di Kelurahan Rejowinangun, kemudian diteruskan ke Kecamatan Kotagede,” katanya.

Ia menambahkan selanjutnya masker itu bersama sejumlah organisasi lintas sektor dibagikan kepada warga yang membutuhkan masker terutama di wilayah Kecamatan Kotagede. “Dari Kecamatan Kotagede bekerja sama dengan lintas sektoral, masker-masker tersebut dibagikan ke masyarakat di wilayah Kecamatan Kotagede,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement