Soal Pembelajaran Jarak Jauh, Disdik Sleman: Setiap Mata Pelajaran harus Dievaluasi

Pelajar mengerjakan tugas sekolah yang diberikan guru secara online di rumahnya Muntung, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (7/4/2020). - Antara/Anis Efizudin
11 Mei 2020 18:47 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sleman menilai pembelajaran jarak jauh harus terus dievaluasi. Dengan begitu bisa diketahui progres setiap kegiatan tersebut. 

Plt  Kepala Dinas Pendidikan Sleman Arif Haryono mengatakan setiap mata pelajaran yang sudah diberikan kepada siswa nantinya akan dievaluasi di tingkat berikutnya. "Misalnya IPA maupun IPS di SD, bagaimana siswa belajar kedua mata pelajaran tersebut ketika masa pembelajaran jarak jauh diterapkan, kemudian apakah hasilnya memenuhi target kurikulum atau tidak? jika tidak akan dilaksanakan upaya evaluasi di kelas selanjutnya," ujar dia, Senin (11/5/2020).

Dia menilai situasi pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran tatap muka di kelas tentunya tidak bisa disamakan. Hasil pembelajaran jarak jauh dengan mekanisme daring tentunya tidak akan menghasilkan output yang sama jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka antara siswa dan guru di kelas.