Kembali Gelar Aksi Sosial, JCACC Gandeng Ikalpangulu

Anggota JCACC saat membagikan paket bahan pangan pokok dan poster edukatif kepada warga terdampak pandemi Covid-19, beberapa waktu lalu. - Istimewa/JCACC
13 Mei 2020 21:57 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Jogja Chinese Art & Culture Centre (JCACC) juga kembali menggelar aksi sosial di masa pandemi Covid-19. Kali ini, dengan menggandeng Ikatan Alumni Pangudi Luhur (Ikalpangulu), Ikatan Koko Cici (Koci) Jogja, Barak Tunas Karya DIY, serta sejumlah masyarakat Tionghoa DIY menggelar aksi sosial yang sudah dilakukan secara bertahap.

Perwakilan JCACC Ernest Lianggar Kurniawan mengatakan salah satu aksi sosial yang sudah dilakukan adalah pembagian paket bahan pokok untuk warga yang paling terdampak pandemi di sekitaran Kota Jogja. Jumlah totalnya ada 1.516 paket sembako terdiri dari beras lima kilogram, pada Sabtu (18/4/2020) lalu.

Paket bantuan itu, kata dia, diberikan langsung kepada lurah, pengurus RT dan RW sebagai perwakilan dan selanjutya akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan. Selanjutnya pada 19 April lalu kami membagikan 100 paket lagi, namun saat itu kami menyasar para pedagang, serta tukang becak. Kami langsung datang ke lokasi untuk memberikan bantuan sehingga tidak salah sasaran. Total paket bahan pokok yang dibagikan mencapai 1.616 paket,” kata dia lewat rilis, Rabu (13/5/2020).

Dia menjelaskan sejak Rabu (25/3/2020) hingga Jumat (17/4/2020) JCACC bersama dengan Ikalpangulu, Ikatan Koci Jogja dan Barak Tunas Karya DIY sebelumnya telah menggelar aksi sosial sebanyak empat kali, mulai dari 13.000 masker, 7.250 hand sanitizer, serta 2.000 poster edukatif ke masyarakat. Di tahap IV, telah dibagikan 200 hazmat , delapan galon hand sanitizer, 25 boks masker ke 12 rumah sakit yang membutuhkan.

“Tentunya kami mengajak kepada seluruh lapisan untuk saling membantu meringankan sedikit beban masyarakat yang perlu dibantu, walaupun hanya sedikit bantuan yang diberikan tetapi akan sangat bermanfaat bagi mereka yang menerima bantuan. Kami berharap semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu dan semua kembali pulih seperti semula..