7 Tenaga Medis di Gunungkidul Reaktif Rapid Tests

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
15 Mei 2020 17:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Sedikitnya tujuh tenaga medis di Puskesmas Paliyan dinyatakan reaktif Corona. Ketujuh pegawai ini diketahui melalui proses rapid test massal yang dilakukan pemkab.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, upaya rapid test massal terus dilakukan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran corona.

Dia menjeaskan, hasil tes sementara ada puluhan orang yang reaktif corona. Adapun tujuh di antaranya merupakan petugas medis yang bekerja di puskesmas Paliyan. “Tujuh tenaga medis ini sudah melakukan karantina mandiri,” katanya kepada wartawan, Jumat (15/5/2020).

Meski ada tenaga medis yang reaktif, namun Dewi memastikan layanan di Puskesmas Paliyan tetap berjalan seperti biasanya. “Tetap melayani masyarakat seperti biasa. Yang jelas, tenaga medis yang reatif sudah melakukan karantina sambil menunggu hasil dari tes swab,” ungkapnya.

Disinggung mengenai penelusuran kluster indogrosir, Dewi mengakui sudah dilakukan. Total dari kluster ini ditemukan lima pasien positif corona. “Untuk yang positif empat berasal dari Semanu dan satunya di Kecamatan Panggang,” katanya.

Dia pun menegaskan, upaya penelusuran tetap dilakukan untuk memastikan penularan tidak semakin meluas.