Advertisement

Hasil Tes Cepat 7 Sukarelawan BPBD dan PMI Sleman Juga Reaktif

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 16 Mei 2020 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Hasil Tes Cepat 7 Sukarelawan BPBD dan PMI Sleman Juga Reaktif Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Selain 128 ASN atau PNS Pemkab Sleman, terdapat 121 sukarelawan baik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun PMI Sleman yang mengikuti rapid test massal. Dari 121 relawan yang mengikuti tes cepat Covid-19, hanya tujuh orang yang dinyatakan reaktif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sleman Shavitri Nurmala Dewi mengatakan RDT massal yang dilakukan Satgas Covid-19 Sleman, Sabtu (16/5/2020) juga diikuti oleh para petugas lapangan baik relawan BPBD maupun PMI Sleman. Dari relawan BPBD diikuti oleh 67 orang relawan dan dari PMI Sleman sebanyak 54 orang relawan.

Advertisement

"Hasilnya dari 67 orang petugas lapangan BPBD hanya dua orang saja yang reaktif dan dari 54 orang petugas PMI hanya lima orang saja yang reaktif," katanya, Sabtu (16/5/2020).

Total dari 121 petugas lapangan Satgas Covid-19 Sleman tersebut, hanya tujuh orang yang dinyatakan reaktif usai menjalani RDT. "Bagi yang reaktif baik ASN maupun petugas lapangan akan difasilitasi oleh Puskesmas untuk diantar ke pusat karantina kesehatan, Asrama Haji," kat Evie.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengakui dua orang petugas lapangan BPBD Sleman yang dinyatakan reaktif usai menjalani tes cepat Covid 19. Kedua orang tersebut tercatat satu orang merupakan petugas harian lapangan (PHL) dan seorang lainnya bertugas di Posko Dekontaminasi dan Pemakaman.

"Tapi jangan disimpulkan dulu mereka positif Covid-19 ya. Kami tetap memunggu hasil swab bagi dua orang petugas kami ini. Mudah-mudahan hasil swabnya negatif," kata Makwan.

Menurut Makwan, tim lapangan BPBD Sleman selalu dibekali dengan pakaian khusus saat bertugas. Mereka juga menjalankan SOP dan menerapkan protokol penanganan Covid-19 selama bertugas. "Kebetulan yang relawan reaktif itu merupakan tim yang baru bergabung kemarin sore. Kemudian paginya ikut rapid test sehingga hasilnya reaktif," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Warga Kota Isfahan, Terkait Kabar Israel Serang Iran

News
| Jum'at, 19 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement