Advertisement

Viral Video Pasien Covid-19 Kabur dari RSUD Wirosaban, Ini Klarifikasi Pemkot Jogja

Catur Dwi Janati
Kamis, 21 Mei 2020 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Viral Video Pasien Covid-19 Kabur dari RSUD Wirosaban, Ini Klarifikasi Pemkot Jogja Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi, mencoba mengisi sensus online, Senin (9/3/2020). - Ist/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Di media sosial viral video pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Jogja yang kabur dari rumah sakit. Video yang diunggah di Twitter oleh @edwinsetiaa tersebut telah ditonton lebih dari 75.000 pengguna Twitter.

Video yang diunggah pada Kamis (21/5/2020) tersebut menyebutkan lokasi kaburnya pasien berada di wilayah Jln. Sorogenen, Kelurahan Nitikan, Kecamatan Umbulharjo. Dalam uggahan itu, disebutkan ciri pasien Covid-19 yang kabur mengenakan baju merah dan memakai celana jeans.

Advertisement

Simpang siur berita pun segera direspons oleh Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi. Heroe memastikan seluruh pasien Covid-19 yang dirawat di Jogja saat ini berada di ruangannya semua dan tidak ada yang keluar.

Hasil itu diketahui setelah pihaknya mengkroscek ke otoritas RSUD Yogyakarta atau yang dikenal dengan sebutan RSUD Wirosaban. "Artinya pasien dalam kondisi aman di dalam kamar isolasinya masing-masing," jelas Heroe saat dihubungi pada Kamis (21/5/2020). Heroe memastikan jikalau memang benar ada pasien yang keluar dan dikejar, tetapi itu bukan dari RSUD Kota Jogja.

Tidak sampai di situ, Heroe bergerak cepat saat ini dengan melakukan beberapa penelusuran. Penelusuran dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pasien yang terkonfirmasi atau yang sedang dicari-cari serta berkeliaran di luar.

Heroe juga sedang menelusuri apakah ada pihak rumah sakit yang saat ini pasiennya sedang keluar dan apakah pasien yang bersangkutan terkait Covid-19 yang terkonfirmasi positif.

"Saat ini kami sedang telusuri kebenaran dan keberadaannya serta kasusnya seperti apa," jelasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih mengatakan pihaknya tidak menerima laporan dari rumah sakit maupun laporan dari Dinas Kesehatan kabupaten dan kota di DIY terkait adanya pasien kabur tersebut. Selain itu, Camat Umbulharjo, Rumpis Trimintarta juga belum mendapatkan informasi terkait adanya pasien Covid-19 yang kabur di wilayahnya. Namun Rumpis menerima konfirmasi dari RSUD Jogja, bahwasanya video yang beredar tersebut dinyatakan tidak benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement