Ketua RT di Dusun Ini Dipilih Melalui Pencoblosan

Ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan
22 Juni 2020 06:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI –  Warga RT 06, Dusun Wukirsari, Kalurahan Baleharjo, Wonosari menggelar pemelihan ketua RT, Minggu (21/6/2020). Ada enam kandidat yang harus ikut dalam proses pencoblosan yang melibatkan ratusan warga.

Kepala Dusun, Wukirsari, Sutrisno mengatakan, pemilihan ketua RT dilakukan secara demokratis melalui pencoblosan. Untuk calon ada enam kandidat yang bersaing untuk menjadi ketua RT selama enam tahun ke depan. “Untuk pemilihnya ada 184 orang. Nantinya ketuanya ditentukan oleh peraih suara terbanyak,” kata Sutrisno, Minggu.

Menurut dia, pemilihan layaknya pemilu ini bukan pertama kali karena di periode yang lama juga sudah melalui proses pencoblosan. “Ini yang kedua kalinnya,” katanya.

Dikarenakan adanya pandemic corona, maka jalannya pemilihan agar berbeda dengan pelaksanaan pada enam tahun lalu. Untuk sekarang, proses harus menaati protokol pencegahan Covid-19. Selain menggunakan masker dan jaga jarak, calon pemilih juga diwajibkan mencuci tangan saat datang ke tempat pemilihan. “Ini untuk antisipasi. Jadi, protokol kesehatan kita terapkan agar semuanya tetap sehat,” katanya.