Begini Cerita 3 Warga Sleman Lakukan Tes Swab Mandiri Lalu Berujung Positif Corona

Petugas laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta tengah membongkar, memeriksa dan mendata sampel swab Covid-19 yang dikirim oleh berbagai rumah sakit di DIY-Jateng, Senin (13/4/2020), di laboratorium BBTKLPP di Jalan Imogiri Timur, Banguntapan, Bantul.-Harian Jogja - Bhekti Suryani.
23 Juni 2020 19:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Tiga warga Sleman menjadi pasien baru Covid-19 setelah berinsiatif melakukan tes swab secara mandiri.

Kepala Dinas Kesehata Sleman Joko hastaryo mengatakan lembaganya kini fokus melakukan penelusuran bagi pelaku perjalanan untuk menyisir potensi Covid-19.

Temuan kasus positif Covid-19 bagi pelaku perjalanan ini terjadi dalam beberapa hari terakhir. Di mana Satgas Covid-19 DIY mencatat kasus positif Covid-19 dialami seorang laki-laki (kasus 279) berusia 42 tahun warga Sleman.

BACA JUGA: Inisiatif Periksa Sendiri, Tiga Warga Sleman Terinfeksi Corona

Ia terjangkit Covid-19 setelah melakukan perjalanan dari Timika, Papua. Temuan warga Sleman lainnya, seorang laki-laki (Kasus 281), berusia 32 tahun terjangkit Covid-19 usai melakukan perjalanan dari Palembang.

Selain itu, Kasus 283, seorang laki-laki, usia 40 tahun dengan riwayat perjalanan dari Palembang dan bertemu dengan tamu yang berasal dari Semarang. Terakhir, laki-laki usia 37 tahun yang diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Salatiga. Mereka kemungkinan pemudik atau pelaku perjalanan dalam rangka pekerjaan.

"Kami tetap berusaha kontak dengan dinas kesehatan daerah asal, meski lebih fokus tracing yang di lokal. Sebab sesuai prosedur, tracing dilakukan bagi yang melakukan kontak erat dengan pasien positif," kata Joko, Selasa (23/6/2020).

Berdasarkan data Satgas Covid-19 DIY, Selasa (23/6/2020) terdapat penambahan tiga kasus baru positif Covid-19. Seluruhnya berasal dari Sleman. Menurut Joko, ketiga pasien tersebut sejatinya akan melakukan perjalanan ke luar Jawa. Sebelum berangkat, ketiganya dengan inisiatif sendiri melakukan uji swab. Uji swab yang dilakukan ternyata menunjukkan hasil positif Covid.

"Ketiganya berasal dari alamat yang sama, tapi kami belum bisa memastikan hubungan ketiganya. Kami masih melakukan penelusuran," kata Joko.