Advertisement

Begini Cerita 3 Warga Sleman Lakukan Tes Swab Mandiri Lalu Berujung Positif Corona

Abdul Hamied Razak
Selasa, 23 Juni 2020 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Begini Cerita 3 Warga Sleman Lakukan Tes Swab Mandiri Lalu Berujung Positif Corona Petugas laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta tengah membongkar, memeriksa dan mendata sampel swab Covid-19 yang dikirim oleh berbagai rumah sakit di DIY-Jateng, Senin (13/4/2020), di laboratorium BBTKLPP di Jalan Imogiri Timur, Banguntapan, Bantul.-Harian Jogja - Bhekti Suryani.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Tiga warga Sleman menjadi pasien baru Covid-19 setelah berinsiatif melakukan tes swab secara mandiri.

Kepala Dinas Kesehata Sleman Joko hastaryo mengatakan lembaganya kini fokus melakukan penelusuran bagi pelaku perjalanan untuk menyisir potensi Covid-19.

Advertisement

Temuan kasus positif Covid-19 bagi pelaku perjalanan ini terjadi dalam beberapa hari terakhir. Di mana Satgas Covid-19 DIY mencatat kasus positif Covid-19 dialami seorang laki-laki (kasus 279) berusia 42 tahun warga Sleman.

BACA JUGA: Inisiatif Periksa Sendiri, Tiga Warga Sleman Terinfeksi Corona

Ia terjangkit Covid-19 setelah melakukan perjalanan dari Timika, Papua. Temuan warga Sleman lainnya, seorang laki-laki (Kasus 281), berusia 32 tahun terjangkit Covid-19 usai melakukan perjalanan dari Palembang.

Selain itu, Kasus 283, seorang laki-laki, usia 40 tahun dengan riwayat perjalanan dari Palembang dan bertemu dengan tamu yang berasal dari Semarang. Terakhir, laki-laki usia 37 tahun yang diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Salatiga. Mereka kemungkinan pemudik atau pelaku perjalanan dalam rangka pekerjaan.

"Kami tetap berusaha kontak dengan dinas kesehatan daerah asal, meski lebih fokus tracing yang di lokal. Sebab sesuai prosedur, tracing dilakukan bagi yang melakukan kontak erat dengan pasien positif," kata Joko, Selasa (23/6/2020).

Berdasarkan data Satgas Covid-19 DIY, Selasa (23/6/2020) terdapat penambahan tiga kasus baru positif Covid-19. Seluruhnya berasal dari Sleman. Menurut Joko, ketiga pasien tersebut sejatinya akan melakukan perjalanan ke luar Jawa. Sebelum berangkat, ketiganya dengan inisiatif sendiri melakukan uji swab. Uji swab yang dilakukan ternyata menunjukkan hasil positif Covid.

"Ketiganya berasal dari alamat yang sama, tapi kami belum bisa memastikan hubungan ketiganya. Kami masih melakukan penelusuran," kata Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement