Advertisement

Transaksi di Pasar Tradisional Sambilegi Bisa Secara Online

Sunartono
Kamis, 25 Juni 2020 - 15:17 WIB
Sunartono
Transaksi di Pasar Tradisional Sambilegi Bisa Secara Online Tangkapan layar sambilegi.com yang dapat digunakan transaksi online. - ist.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pandemi Covid-19 memberi dampak signifikan terhadap berbagai aktivitas di kehidupan sehari-hari, termasuk pasar tradisional. Di satu sisi, pasar tmasih harus tetap berjalan guna menjaga kelangsungan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan pokok pangan. Namun interaksi secara fisik yang masih mendominasi pola belanja di pasar tradisional membuatnya rentan akan persebaran virus yang bergerak dengan begitu cepat.

Oleh karena itu Tim Pengabdian kepada Masyarakat Tanggap Darurat Covid-19 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) mengembangkan Pasar Sambilegi Online yang dapat diakses melalui website https://pasarsambilegi.id. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (Pustek) UGM.

Advertisement

BACA JUGA : Disperindag Sleman Luncurkan Program Belanja Murah

“Di masa pandemi seperti saat ini, perlu ada upaya sistematis untuk mengurangi risiko penularan atau persebaran virus di pasar tradisional,” ujar Ketua Tim Kegiatan Hempri Suyatna dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (25/6/2020). Pembuatan platform itu dibantu oleh sejumlah dosen lain seperti Achniah Damayanti, Puthut Indroyono, Matahari Farransahat  dan Rindu Firdaus.

Selain memudahkan para pedagang pasar, kata dia, website tersebut juga memudahkan para pelanggan dalam menyediakan berbagai macam informasi, seperti nama produk beserta fotonya, harga produk, hingga status pesanan. Saat proses transaksi, pelanggan dapat memilih waktu pengantaran sehingga pelanggan leluasa untuk menyesuaikan dengan kebutuhannya.

“Kegiatan transaksi di Pasar Sambilegi Online ini dapat diakses oleh warga yang berada pada wilayah Maguwoharjo dan sekitarnya,” katanya.

BACA JUGA : Rehab 3 Pasar, Pemkab Sleman Siapkan Rp6,1 Miliar

Guna memastikan kualitas pelayanan, kegiatan operasional dan pengantaran barang Pasar Sambilegi Online dilakukan oleh tim khusus. Tidak hanya memudahkan kinerja pedagang pasar, kegiatan tersebut juga turut memberdayakan Pra koperasi Pasar Sambilegi dan Paguyuban Pedagang Pasar Sambilegi melalui berbagai pendampingan.

“Sesuai dengan tagline-nya belanja aman pasti nyaman, berbagai upaya pendampingan dilakukan agar kualitas pelayanan dapat tetap terjaga hingga barang sampai ke tangan pelanggan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement