Advertisement

PPDB SMP Kota Jogja: Disdik Pastikan Tak Ada Ketimpangan Jumlah Pendaftar

Catur Dwi Janati
Kamis, 02 Juli 2020 - 08:37 WIB
Sunartono
PPDB SMP Kota Jogja: Disdik Pastikan Tak Ada Ketimpangan Jumlah Pendaftar Foto Ilustrasi Sejumlah calon peserta PPDB. - Dok. Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) memasuki tahap akhir pendaftaran jalur zonasi mutu, jalur afirmasi dan jalur prestasi luar daerah. Proses tersebut terbilang lancar dan tidak ada kendala.

Ketua PPDB Kota Jogja, Entik Siti Hidayati mengatakan proses PPDB jalur zonasi mutu, jalur afirmasi, dan jalur prestasi daerah lancar tidak menemui kendala. "Alhamdulillah lancar, tidak ada permasalahan," tegasnya pada Rabu (1/7/2020).

Advertisement

Secara teknis, Entik menjelang tidak ada perubahan dalam PPDB Kota Jogja tahun ini. Bagi zonasi mutu seleksi didasarkan pada nilai akhir siswa. "Nilai akhir merupakan rata-rata rapor semester tujuh sampai sebelas dikali 60 persen ditambah indeks sekolah dikali 40 persen," jelasnya.

Entik menambahkan apabila siswa pendaftar di jalur zonasi mutu memiliki prestasi non-akademik bisa ditambahkan. "Itu diurus ke Disdik Kota Jogja [secara mandiri] atau itu bisa dikolektif melalui sekolah [siswa yang bersangkutan]," paparnya.

Ditegaskan Entik tidak ditemui ketimpangan jumlah pendaftar zonasi mutu di sekolah tertentu saja. Dia menegaskan bahwa pendaftar merata di semua sekolah. "Semua merata, enggak ada [pendaftar] yang membeludak di satu sekolah saja," terangnya.

Berdasarkan penuturan Entik, kecenderungan sekolah tertentu yang kelebihan pendaftar hingga sekolah yang lain sepi pendaftar tidak ditemui di PPDB Kota Jogja. Entik menjelaskan semua sekolah di Jogja pada dasarnya sama. Sehingga barangkali para siswa tidak memiliki kecenderungan untuk pilih-pilih sekolah.

Menurut Entik hingga Rabu (1/7/2020) pukul 23.59 akan terjadi pergerakan pendaftar yang ganti sekolah. Hal itu karena sistem real time pendaftar yang diterapkan dalam PPDB daring.

"Jadi misalkan dia enggak diterima bisa nilainya masih bisa diterima di situ," jelas Entik.

Pengumuman penerimaan PPDB jenjang SMP akan diumumkan pada Kamis (2/7/2020) pukul 10.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement