Advertisement

8 Pedagang dari 4 Pasar di Bantul Reaktif Rapid Test

Jumali
Senin, 06 Juli 2020 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
8 Pedagang dari 4 Pasar di Bantul Reaktif Rapid Test Ilustrasi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Sebanyak 8 pedagang dari lima pasar tradisional di Bantul dinyatakan reaktif saat menjalani tes cepat massal, Senin (6/7) pagi.

Delapan pedagang tersebut kemudian langsung dibawa ke RS Lapangan Khusus Covid-19 Bantul dan akan menjalani uji usap serta karantina mandiri.

Advertisement

Adapun kedelapan pedagang reaktif tersebut terdiri dari dua pedagang yang dites di Pasar Sorobayan, empat di Pasar Sungapan, satu pedagang di Pasar Pundong dan satu pedagang di Pasar Piyungan.

Plt Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Bantul Budi Nur Rokhmah mengatakan, ada sebanyak 976 pedagang yang dites di lima pasar berbeda. Dari jumlah tersebut, tingkat partisipasi pedagang untuk ikut tes cepat cukup tinggi.

Hal ini dinilainya tidak lepas dari peran serta dari lurah pasar dan petugas yang memberikan pengertian kepada pedagang.

“Seperti Pasar Jodog, tadi lurah pasar terpaksa harus bertindak keras dengan memberi ancaman ke pedagang yang tidak mau mengikuti tes cepat, tidak akan diizinkan berdagang lagi,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah Pasar Jodog, Gilangharjo, Pandak, Senin (6/7/2020) pagi enggan mengikuti tes. Alasannya, mereka ketakutan jika hasil tes tersebut berujung reaktif.

BACA JUGA: Lagi, Pegowes di Sleman Ambruk dan Meninggal Dunia

Bahkan, saking takutnya, beberapa memilih untuk berhenti beraktivitas berdagang begitu petugas mulai melaksanakan tes.

“Tadi ada beberapa yang memang memilih pulang dan menutup dagangannya begitu petugas datang,” kata salah satu pedagang Wasilah, di Pasar Jodog.

Catatan redaksi:

Berita ini telah dikoreksi pada Senin (6/7/2020) pukul 18.56 WIB. Artikel ini sebelumnya berjudul "7 Pedagang dari 3 Pasar di Bantul Reaktif Rapid Test". Redaksi mohon maaf atas kekeliruan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement