40 Nakes di Kulonprogo Jalani Tes Swab

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
08 Juli 2020 19:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kulonprogo menggelar test swab massal untuk tenaga kesehatan (nakes) menyusul adanya temuan sejumlah nakes di wilayah DIY yang terkonfirmasi positif Corona, Rabu (8/7/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayu Jati mengatakan sebanyak 40 nakes di puskesmas dan rumah sakit di wilayah Samigaluh dan Wates mengikuti test massal ini. "Untuk hasilnya akan keluar dua sampai tiga ke depan," kata Baning, kepada awak media, Rabu (8/7/2020).

Test massal ini dilaksanakan secara bertahap mulai Rabu (8/7/2020) sampai dengan Agustus 2020 mendatang. Ditargetkan sebanyak 1.500 nakes, termasuk karyawan di puskesmas dan rumah sakit di Kulonprogo bisa mengikuti test ini.

Tujuan utama penyelengaraan test swab itu adalah untuk mengetahui kondisi tenaga kesehatan yang ada di Kulonprogo.

Baning menjelaskan, penyelengaraan test swab menggunakan anggaran gabungan dari APBD Pemda DIY dan Pemkab Kulonprogo Untuk nominalnya, ia belum menjabarkan secara rinci. "Belum kami hitung rupiahnya," Baning.

Selain nakes, test swab juga akan menyasar seluruh wartawan yang rutin melakukan tugas peliputan di Kulonprogo. Ini dilakukan karena pewarta baik cetak, on-line maupun televisi dan radio berisiko tertular atau menularkan virus corona.