Pasien Baru Covid-19 di Gunungkidul Berasal dari Klaster Tenaga Kesehatan

Ilustrasi. - Freepik
09 Juli 2020 16:17 WIB Newswire Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Kasus Covid-19 di Gunungkidul belum mereda.

Jumlah pasien postif Covid-19 di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bertambah dua sehingga total menjadi 60 orang.

"Pada Rabu (8/7/2020) ada tambahan dua kasus pasien COVID-19 dari klaster tenaga kesehatan. Untuk hari ini, tidak ada penambahan," kata Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunungkidul, Kamis (9/7/2020).

Ia mengatakan kasus baru tersebut terkait dengan tenaga kesehatan (nakes) asal Kecamatan Playen, yang sebelumnya juga dinyatakan positif Covid-19. Dua pasien tersebut, yakni laki-laki berumur 57 tahun dan 15 tahun, yang keduanya berasal dari Playen.

Nakes yang positif COVID-19 di Gunungkidul bekerja di salah satu fasilitas kesehatan di Playen. Yang bersangkutan dinyatakan positif pada 3 Juli lalu. Meskipun demikian, ia menduga penularannya tidak terjadi di fasilitas kesehatan di mana yang bersangkutan bekerja.

"Keduanya masih satu keluarga dengan tenaga kesehatan tersebut. Nakes yang dinyatakan positif COVID-19 ini merupakan perempuan berumur 44 tahun," katanya.

Lebih lanjut, Dewi mengatakan secara komulatif, terdapat 60 kasus positif COVID-19 di Gunung Kidul sejak kasus pertama tercatat. Ada 50 pasien sembuh dan satu pasien dilaporkan meninggal dunia.

Saat ini, terdapat 18 spesimen swab baru diambil pada Kamis (9/7/2020) ini, sehingga total sudah 891 spesimen yang diambil. Selain itu, sebanyak 793 spesimen dinyatakan negatif, dengan penambahan sebanyak 13 spesimen hari ini. Sementara 60 spesimen lainnya masih dalam proses di laboratorium.

"Sampai hari ini, masih ada sembilan pasien yang dirawat di rumah sakit, termasuk dengan penambahan dua kasus baru," katanya.

Sumber : Antara