Potong Hewan Kurban di Bisa RPH Giwangan, Ini Biayanya

Ilustrasi - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
16 Juli 2020 12:57 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Penyembelihan hewan kurban di Kota Jogja dapat dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Giwangan. Panitia penyembelihan kurban cukup mendaftar via Baznas Kota Jogja.

Sekretaris Baznas Jogja Misbahuddin mengatakan tiap ekor lembu yang dipotong menjadi karkas di RPH Giwangan melalui Baznas Jogja akan dikenai biaya Rp500.000 per ekor. Sementara itu, penyembelihan tiap ekor kambing hingga menjadi karkas dikenai biaya Rp100.000 per ekor. "Penyembelihannya jadi karkas, jadi enam [bagian]," jelasnya pada Kamis (16/7/2020)

BACA JUGA: Di Luar Prediksi, Penjualan Hewan Kurban di Sleman Naik Jelang Iduladha

Misbahuddin mengatakan saat ini sudah ada sekitar 150 ekor lembu yang mendaftar untuk disembelih dari kapasitas maksimal yang dapat disembelih di RPH Giwangan sebanyak 205 ekor lembu. Sementara untuk kambing sudah ada 60 ekor yang terdaftar Baznas dari kapasitas maksimal yang dapat disembelih di RPH Giwangan sebanyak 250 ekor.

Sahibul kurban yang memasrahkan hewan kurban untuk dikelola Baznas Jogja tidak dikenai biaya pemotongan. "Kalau untuk dipasrahkan [diberikan] ke Baznas Jogja, nanti biayanya kami yang tanggung," ucap dia.