Lagi, Pasar di Bantul Ditutup karena Covid-19

Pasar Bantengan yang terletak di Dusun Wonocatur Desa Banguntapan, Bantul, harus ditutup mulai Kamis (16/7/2020) hingga Sabtu (18/7/2020). - Harian Jogja/Jumali
16 Juli 2020 09:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-- Pasar Bantengan yang terletak di Dusun Wonocatur Desa Banguntapan, Bantul, harus ditutup mulai Kamis (16/7/2020) hingga Sabtu (18/7/2020).

Pasar itu ditutup untuk dilakukan penyemprotan disinfektan dan sterilisasi, usai satu pedagang di tempat tersebut dinyatakan positif Covid-19

“Satu pedagang positif usai uji usap. Kami terpaksa menutup pasar tersebut untuk dilakukan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan,” kata Camat Banguntapan Fauzan Mu’arifin, Kamis (16/7/2020).

Menurut dia, pedagang yang positif tersebut adalah hasil dari tes cepat massal ke pasar tradisional yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, pekan lalu. Di mana di tempat tersebut ada 201 pedagang dites, dengan hasil lima pedagang reaktif.

“Setelah di uji usap, satu dinyatakan positif. Begitu positif, kami putuskan menutup pasar tersebut,” terang Fauzan.

BACA JUGA: Wisatawan yang Berlibur ke Jogja Harus Bawa Surat Sehat

Fauzan mengatakan, saat ini tracing terhadap warga yang sempat kontak dengan pedagang tersebut telah dilakukan oleh Dinkes setempat. Di sisi lain, tambahan satu pedagang positif di Pasar Bantengan membuat Banguntapan saat ini mencatatkan ada 30 orang positif Covid-19.

“Padahal, kemarin sempat menurun. Soal tracing siapa yang kontak dengan pedagang tersebut, saat ini telah dilakukan,” ucap Fauzan.

BACA JUGA: 3 Pedagang Positif Covid-19, 2 Pasar di Bantul Ditutup Sementara

Terpisah Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Bantul Sukrisna Dwi Susanta, mengatakan Pasar Bantengan tidak berada di bawah pengelolaan kantornya. Melainkan di bawah pengelolaan Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKPMD) Bantul.

“Sehingga kami belum mengetahui jika pasar tersebut ditutup. Karena memang pasat tersebut merupakan pasar desa dan pengelolaannya ada di bawah DPPKPMD Bantul,” kata Sukrisna.

BACA JUGA: Sepekan, Dua Puskesmas di Banguntapan Ditutup karena Tenaga Kesehatan Positif Covid-19

Penutupan Pasar Bantengan kian menambah daftar pasar yang sempat ditutup karena pedagang dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya Pasar Sungapan, Sedayu dan Sorobayan, pekan lalu.

Sedangkan bagi Kecamatan Banguntapan, penutupan fasilitas publik kali ini adalah kali ketiga. Sebelumnya, dua puskesmas yakni Banguntapan 1 dan Banguntapan 2 sempat ditutup setelah salah satu tenaga kesehatan dinyatakan positif Covid-19.