Advertisement

Wisatawan yang Berlibur ke Jogja Harus Bawa Surat Sehat

Catur Dwi Janati
Rabu, 15 Juli 2020 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Wisatawan yang Berlibur ke Jogja Harus Bawa Surat Sehat Kawsan Titik Nol Kilometer dipenuhi wisatawan beberapa waktu lalu - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi meninjau langsung Tempat Khusus Parkir (TKP) Abu Bakar Ali.

Hal ini dilakukan menyikapi wisatawan luar kota yang telah memasuki wilayah Jogja menggunakan moda transportasi darat.

Advertisement

Heroe mengatakan saat ini sudah banyak biro travel yang sudah mempromosikan liburan ke Jogja. Padahal dijelaskan Heroe, hingga saat ini destinasi wisata Kota Jogja masih masuk dalam masa uji coba terbatas. "Kami harapkan nanti yang dari luar itu nahan dulu sampai Agustus, tetapi dari rombongan keluarga atau kampung masih dimungkinkan," ujarnya pada Rabu (15/7/2020).

"Tapi kalau rombongan umum masih belum, yang kita harapkan yang rombongan umum jangan masuk Jogja, karena kita masih dalam penguatan protokol Covid-19," tambah Heroe.
Lebih lanjut Heroe menegaskan bagi rombongan wisatawan dari zona merah dan zona hitam, rombongan keluarga atau bukan harus membawa surat keterangan Rapid Diagnostic Test (RDT). Untuk wisatawan daripada zona kuning dan hijau diminta untuk membawa surat keterangan sehat.

Sementara untuk wisatawan mancanegara harus membawa surat PCR. "Kita memang membuka [destinasi] tetapi tahapan juta masih Jogja untuk Jogja, untuk uji coba, untuk penerapan terbatas," terangnya.

Saat wisatawan sampai di lokasi parkir, petugas akan mengecek kelengkapan dokumen seperti data penumpang dan surat keterangan sehat para penumpang. "Jadi tour leader-nya yang bertanggung jawab, jadi tidak satu-satu [penumpang] kami lihat [keterangan surat sehatnya], dan harus disertai daftar nama, alamat, nomor telepon, kalau tidak ada tidak boleh turun," jelasnya.

Dari tinjauan yang dilakukan Heroe di TKP Abu Bakar Ali, kawasan parkir harus memiliki Thermo Gun dan fasilitas cuci tangan. Selain itu, alur pengunjung masuk dan keluar dari kawasan parkir harus ada agar para wisatawan tidak berpapasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement