Advertisement

Wakil Bupati Gunungkidul Perkirakan Kasus Covid-19 Akan Terus Bertambah

David Kurniawan
Kamis, 23 Juli 2020 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Wakil Bupati Gunungkidul Perkirakan Kasus Covid-19 Akan Terus Bertambah Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi memperkirakan kenaikan kasus positif Corona masih akan berlanjut. Prediksi ini tidak lepas dari rencana swab massal sebanyak 1.000 spesimen.

“Sempat mereda, tetapi sekarang ada tren kenaikan,” kata Immawan, Kamis (23/7/2020).

Advertisement

Menurut dia, kenaikan jumlah kasus disebabkan beberapa faktor mulai adanya kasus impor dari luar daerah hingga penularan dari pasien positif. Kenaikan juga disebabkan adanya pelonggaran dengan kebijakan adaptasi kebiasaan baru. Di satu sisi, kebijakan ini memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa beraktivitas, tapi di sisi lain bisa memicu penambahan kasus Covid-19.

“Contohnya sudah ada dan ini tidak hanya terjadi pada masyarakat umum, buktinya antar tenaga kesehatan ada yang saling tertular,” ungkapnya.

Immawan pun berharap seluruh elemen masyarakat tetap patuh dalam menjalankan protokol kesehatan karena sebagai jalan untuk memutus mata rantai penularan.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan jawatannya terus melakukan tracing terhadap pasien positif corona. “Termasuk dari tenaga kesehatan sehingga belum bisa menentukan secara spesifik berkaitan dengan kluster baru,” ungkapnya.

Lima tenaga kesehatan di salah satu klinik di Kapanewon Wonosari terinfeksi Covid-19. Dinkes pun menutup sementara klinik tersebut maksimal selama tiga hari. Selama ditutup, klinik akan didisinfeksi secara total sehingga penyebaran virus bisa dicegah. “Sudah ditutup dan klinik dalam keadaan kosong. Selanjutnya dilakukan upaya sterilisasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement