Advertisement

Viral Kisah Rinno, Badut di Jogja Penghasilan Rp20.000 untuk Hidupi ODGJ

Sunartono
Jum'at, 31 Juli 2020 - 10:57 WIB
Sunartono
Viral Kisah Rinno, Badut di Jogja Penghasilan Rp20.000 untuk Hidupi ODGJ Unggahan tentang aktivitas Rinno menjadi badut untuk menghidupi ODGJ. twitter.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah video viral di linimasa yang menayangkan sosok badut yang biasa beroperasi di sejumlah bangjo di Kota Jogja belum lama ini. Badut yang dalam video tersebut diketahui bernama Rinno itu mengamen di jalanan bukan untuk dirinya sendiri. Penghasilannya yang tidak sampai Rp20.000 per hari digunakan untuk menghidup orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan sejumlah kelompok rentan.

Video itu diunggah oleh @kitabisacom melalui twitter pada Rabu (29/7/2020) pukul 18.47 WIB. Hingga Jumat (31/7/2020) sudah ada 36.000 pengguna twitter yang meretwitnya, 65.000 memberikan like dan sebanyak 865 menyatakan komentar positif dari hati mulia seorang badut bernama Rinno.

Advertisement

Video ini bakal bikin persepsimu tentang badut di jalanan berubah. Salut banget buat Mas Rinno,” tulis @kitabisacom.

BACA JUGA : Viral Keributan di Jalan Gejayan, Ini Kata Polisi

Dalam video tersebut tampak seorang pria yang diketahui bernama Rinno tersebut mengenakan badut kemudian mengamen di lampu bangjo di Kota Jogja dengan membawa sebuah kaleng. Video tersebut menyertakan bukti keaktifan Rinno dalam membantu menghidupi ODGJ seperti memberikan makan bahkan hingga menyuapi seorang ODGJ dengan tampak lahap menggunakan nasi bungkus.

Dalam video itu juga diberikan beberapa catatan tentang aktivitas Rinno. Antara lain :

Badut jalanan di Jogja ini ga [tidak] peduli ada banyak orang yang ejek dirinya,”

“Penghasilan 20 ribu sehari, tapi ia tidak hanya nafkahi anak dan istrinya. Melainkan bantu 300 ODGJ di panti,” tulis dalam catatan di video tersebut.  

Rinno dalam video itu juga memberikan pernyataan motivasi, bahwa dengan berbagi tidak akan membuat seseorang menjadi miskin.

“Berbagi itu enggak ada ruginya, enggak bikin kita jadi miskin,” ucap Rinno.

BACA JUGA : Viral Pelecehan Seksual Bermodus Riset Bungkus

Selain di twitter, di Instagram video tentang Rinno juga diunggah oleh @infocegatan_Jogja pada Kamis (30/7/2020) dengan jumlah komentar sebanyak 351 akun hingga Jumat (31/7/2020) pagi. Begitu juga di lama facebook jika menggunakan mesin pencarian dan mengetik nama Rinno akan muncul puluhan akun yang mengunggah aktivitas mulia Rinno.

Sebagian besar memuji tindakan mulia Rinno yang berjuang di bawah terik matahari menjadi badut di pinggiran jalan untuk menghidupi ODGJ hingga kelompok rentan seperti orang jompo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement