Memasuki Usia 102 Tahun, PDAM Tirtamarta Kota Jogja Lakukan Revitalisasi

Direktur Utama PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta Majiya (dua dari kiri) dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti (dua dari kanan) saat memotong pita peresmian pada malam tasyakuran menyambut HUT PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta ke-102 pada Jumat (31/7/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
02 Agustus 2020 14:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA ---PDAM Tirtamarta Kota Jogja resmi berumur 102 tahun pada Sabtu (1/7/2020). Komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam hal penyediaan sumber daya air kepada masyarakat Jogja terus dilakukan. Salah satunya dengan upaya revitalisasi internal dari PDAM Tirtamarta baik dari aspek infrastruktur, struktur organisasi, pembenahan arsip, dan pengembangan SDM.

Direktur Utama PDAM Tirtamarta Kota Jogja, Majiya mengatakan jika upaya revitalisasi internal sendiri dilakukan selama sekitar tiga Minggu dengan bekerjasama dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota Jogja.

Upaya kerjasama pertama dilakukan oleh Kominfo Kota Jogja. Upaya kerjasama dengan Kominfo dilakukan untuk mengembangkan sistem informasi dan teknologi terkait dengan e-presensi, e-kinerja, dan pengembangan layanan pengaduan pelanggan.

"Hal ini kami lakukan agar masyarakat di wilayah kota Jogja sesegera mungkin dapat terlayani dengan baik melalui sistem informasi dan teknologi melalui aplikasi yang dikembangkan oleh Kominfo Kota Jogja bekerjasama dengan kami [PDAM Tirtamarta Kota Jogja]," ujar Majiya, Jumat (2/7/2020).

Baca Juga: Rentan Tertular Virus, Dosen Sepuh Dilarang Mengajar di Kelas

Lebih lanjut, upaya inventarisasi aset dan keuangan juga dilakukan oleh PDAM Tirtamarta. Lelang menjadi upaya PDAM Tirtamarta untuk melakukan pembersihan beberapa aset yang dimilikinya melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jogja.

"Lelang dilakukan kepada sejumlah barang yang dimiliki oleh PDAM Tirtamarta Kota Jogja seperti pipa dan sejumlah kendaraan bermotor roda dua, Alhamdulillah sudah kami lakukan dengan proses yang baik," ujar Majiya yang resmi menjabat sebagai Dirut PDAM Tirtamarta Kota Jogja dan dilantik beberapa waktu lalu di Balai Kota Jogja.

Adapun, upaya revitalisasi juga dilakukan terkait dengan struktur organisasi di dalam internal dari PDAM Tirtamarta Kota Jogja. Struktur organisasi yang ada dinilai tidak terlalu efisien. Oleh karena itu, upaya restrukturisasi dinilai menjadi langkah yang tepat agar menghasilkan struktur organisasi yang ideal.

"Awalnya organisasi di dalam PDAM Tirtamarta Kota Jogja cukup gemuk. Oleh karena itu, kami melakukan restrukturisasi organisasi di dalam internal dari PDAM Tirtamarta Kota sesuai dengan fungsinya. Kami juga berkoordinasi dengan Bagian Organisasi Pemerintah Kota Jogja," jelasnya.

Revitalisasi Arsip

Berkaitan dengan revitalisasi dalam bidang arsip, PDAM Tirtamarta mempunyai segudang arsip. Bahkan, arsip sejak tahun 1960-an dimiliki oleh PDAM Tirtamarta Kota Jogja yang berlokasi di dekat kantor Harian Jogja ini.

Baca Juga: Gara-Gara Corona, Jumlah Hewan Kurban di Bantul Menurun hingga 1.378 Ekor

"Kami bekerja dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja untuk melakukan penyederhanaan dalam bidang arsip. Revitalisasi arsip kami lakukan secara baik dan benar. Kami juga sudah membuat data center terkait dengan arsip yang kami miliki. Data center akan memudahkan kami dalam mencari data yang kami miliki baik dari tahun-tahun sebelumnya maupun saat ini," terang Majiya.

PDAM Tirtamarta memang tidak setengah-setengah dalam melakukan upaya revitalisasi internalnya. Sampai-sampai, upaya pengembangan SDM yang dilakukan kepada security juga dilakukan oleh PDAM Tirtamarta Kota Jogja bekerjasama dengan Satpol-PP Kota Jogja.

"Kami sadar security juga merupakan ujung tombak kami dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat kota Jogja. Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan Satpol-PP Kota Jogja untuk memberikan sejumlah materi pembelajaran kepada security kami agar mampu meningkatkan kualitas diri dalam melakukan tugas menjaga keamanan serta memberikan pelayanan kepada masyarakat," tutupnya.