Semua Warga Terlibat Pengolahan Sampah Mandiri di Kelurahan Ini..

Alat pengolahan sampah milik Kelurahan Bener, Tegalrejo, Kota Jogja. - Ist/Bener.
03 Agustus 2020 09:57 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kelurahan Bener, Kecamatan Tegalrejo, Kota Jogja secara mandiri mengolah sampah secara bersama-bersama.

Pelaksana Tugas Lurah Kelurahan Bener, Tegalrejo, Kota Jogja Wagimin menjelaskan di kelurahannya tersebut memiliki instalasi pengolahan sampah mandiri yang bersumber dari dana kelurahan tahun 2019. Wagimin menyebutkan, alat pengolahan sampah ini mampu menampung seluruh sampah di Kelurahan Bener.

Diterangkan Wagimin alat pengolahan sampah tersebut masih perlu disempurnakan. Pasalnya pembuangan asap masih dinilai belum optimal. "Penyempurnaan akan dilakukan dengan dana kelurahan dari perubahan anggaran," jelasnya.

BACA JUGA : Pengelolaan Sampah di Gunungkidul Belum Optimal

Wagimin menyebutkan bahwa seluruh masyarakat terlibat dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Bener. Mula-mula tiap-tiap RW memiliki tim pengolahan sampah. Tim ini lah yang diterangkan Wagimin akan melakukan penyortiran sampah. Beberapa sampah yang masih bisa didaur ulang maka akan dipisah.

"Sampah yang masih bisa dipakai digunakan untuk bahan membuat tas, bas bunga, dan benda lainnya yang memiliki nilai fungsi," ujarnya.

Sementara itu bahan-bahan organik juga akan dipisah karena akan diolah menjadi Pupuk Organik Cair (POC). Sisanya, barang-barang yang tidak bisa digunakan lagu dimasukkan ke dalam alat pengolahan sampah.

BACA JUGA : Perusahaan Ini Siap Tawarkan Solusi Sampah bagi DIY 

"Residu pembakaran berupa arang selanjutnya bisa dijadikan sebagai bahan campuran batako," ujarnya.

Wagimin berharap dengan serangkaian upaya pengolahan sampah dapat membuat lingkungan Kelurahan Bener menjadi bersih. Selain itu pemilihan sampah diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan berbagai sampah yang diolah menjadi benda fungsional.