Sekolah Ini Bagikan Ribuan Paket Daging Kurban Menggunakan Besek

Besek untuk membungkus daging kurban. - Ist/Dok.
05 Agustus 2020 09:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—SMP & SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta menyembelih sebanyak 16 ekor sapi dan enam ekor kambing dalam perayaan Hari Raya Iduladha. Pembagian daging kurban dilakukan dengan menggunakan bungkus berupa besek dari bambu yang ramah lingkungan dan tidak menambah sampah plastik.

Ketua Panitia Kurban Sekolah Kesatuan Bangsa Yogyakarta Lukman Nul Hakim menjelaskan Untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H di sekolahnya, dalam hal ini SMP dan SMA Kesatuan Bangsa melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 16 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Hewan kurban itu berasal dari donasi orangtua. Pembungkusan daging kurban menggunakan besek dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA : Besek Mahal dan Sulit Didapat, Masjid di Prawirotaman Ini 

“Pada tahun ini sebanyak 1.469 besek [bungkus terbuat dari bambu] paket daging dibagikan kepada kepada masyarakat sekitar, panti asuhan, serta sejumlah lembaga pendidikan mitra,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (5/8/2020).

Pemotongan dilakukan di RPH Giwangan karena memenuhi ketentuan pemerintah untuk mencegah kerumunan dan penularan Covid-19. Adapun giat tersebut dilakukan pada Jumat (31/7/2020) dan Sabtu (1/8/2020).

BACA JUGA : Warga Bantul Diminta Tidak Gunakan Kresek untuk Bungkus

“Kami memilih memotong  di RPH Giwangan Yogyakarta sebagai tempat penyembelihan karena sudah standar higienis, serta meminimalisasi penyebaran Covid-19 dengan mengurangi potensi kerumunan saat penyembelihan hewan kurban,”ujarnya.