Badan Otorita Borobudur Gelar Aktivasi Pelatihan Konten Digital

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BOB, Bisma Jatmika, dan Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, saat pelatihan di Tebing Breksi, Jumat (7/8/2020) - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
09 Agustus 2020 22:12 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pengelola destinasi wisata khususnya dalam penyampaian konten digital, Badan Otorita Borobudur (BOB) menggelar Workshop dan Pelatihan Konten Digital. Pilot project kegiatan ini digelar di Tebing Breksi, Sleman, Jumat (7/8/2020).

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita, mengatakan BOB secara simultan terus memberikan motivasi kepada para pengelola destinasi pariwisata, salah satunya dengan menggelar Aktivasi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui masing-masing kelompok sadar wisata (pokdarwis). "Selama tiga hari mulai Jumat kami menggelar pelatihan untuk pengelola wisata. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas SDM pengelola di lokasi wisata tersebut," papar Indah di Tebing Breksi, Jumat.

Indah mengatakan pelatihan yang digelar merupakan wujud kepedulian BOB untuk meningkatkan semangat optimisme kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka bangkit di tengah pandemi virus Covid-19. "Para pengelola wisata ini akan dilatih untuk memproduksi konten-konten digital baik fotografi maupun videografi hingga narasinya. Setelah pelatihan ada pendampingan dan evaluasi," katanya.

Pelatihan yang digelar juga diharapkan mampu memberi narasi positif bagi pelaku wisata maupun wisatawan dalam rangka menyambut adaptasi kebiasaan baru (AKB), khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dia berharap pelatihan tersebut mampu memberi penawar bagi bangkitnya industri pariwisata.

Acara Workshop dan Pendampingan Konten Digital di Tebing Breksi digelar mulai Jumat hingga Minggu (9/8). Setelah mengikuti workshop, peserta mendapatkan pendampingan konten digital selama tiga kali yakni pada 14, 21 dan 28 Agustus. Selama kegiatan, peserta mendapatkan materi dan pelatihan pada tiga sub-bidang ekonomi kreatif meliputi fotografi, videografi dan narasi/teks.

Pelatihan dilakukan oleh mentor yang profesional di masing-masing bidang, yakni Ulet Ifansati sebagai mentor fotografi; Budi Satriawan sebagai mentor videografi; dan Aisyah Hilal, mentor narasi/teks. "Di akhir workshop para peserta menampilkan karya mereka selama kegiatan dengan objek kawasan wisata sekitar Tebing Breksi," kata Bisma Jatmika, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, mengatakan penguasaan konten digital oleh destinasi wisata sangat penting untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. "Konten digital saat ini luar biasa pengaruhnya. Pengelola wisata juga tidak perlu malu untuk belajar teknologi digital," katanya.