Resmi Diputuskan! Pilkades Sleman Digelar 20 Desember

Ilustrasi. - Antara
11 Agustus 2020 19:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Keinginan para calon kepala desa (Cakades) agar pelaksanaan Pilkades tetap digelar pada tahun ini akhirnya terkabul. Pemkab Sleman menetapkan pelaksanaan Pilkades pada 20 Desember mendatang.

Kebijakan tersebut menyusul penundaan kedua rencana pelaksanaan Pilkades yang sebelumnya ditetapkan oleh Pemkab pada 30 Agustus mendatang.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan Pemkab sudah berkoordinasi dengan DPRD Sleman terkait rencana penundaan dan penetapan pelaksanaan Pilkades. "Hasilnya, pelaksanaan Pilkades yang sedianya digelar pada 30 Agustus diundur pada Minggu, 20 Desember mendatang. Jadi dilaksanakan setelah ," katanya saat jumpa pers di Pemkab Sleman, Selasa (11/8/2020).

Penundaan pelaksanaan Pilkades tersebut, katanya sesuai dengan surat Mendagri No.141/4528/SJ terkait dengan penundaan pelaksanaan Pilkades dan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu. Berdasarkan suarat tersebut, kata Sri, Pilkada merupakan program strategis pemerintah pusat yang harus disukseskan.

"Pilkades juga program strategis Pemkab yang juga harus disukseskan. Hanya saja, karena dalam beberapa hal kami juga harus mematuhi kebijakan pemerintah pusat, maka mengikuti aturan pusat. Pilkada disukseskan dulu, baru Pilkades," katanya.

Menurut Sri, pelaksanaan Pilkades di Sleman sudah disiapkan dan hanya tinggal pelaksanaan saja. Bahkan, kata Sri, proses pelaksanaan Pilkades yang dilakukan secara e-voting pun disiapkan sesuai protokol kesehatan. Pemkab juga menganggarkan pelaksanaan Pilkades dan sebagian anggaran juga sudah digunakan. "Prinsipnya kami tinggal melaksanakannya saja," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sleman Budiharjo mengatakan pilkades pada tahun ini digelar di 49 desa di 17 kecamatan. Jumlah cakades yang maju dan sudah ditetapkan sebanyak 160 calon. Adapun jumlah total pemilih sebanyak 444.481 orang.