Advertisement

Warga Gunungkidul Meninggal Dunia Setelah Makan Gadung, 2 Dirawat di RS

David Kurniawan
Rabu, 12 Agustus 2020 - 17:02 WIB
Bhekti Suryani
 Warga Gunungkidul Meninggal Dunia Setelah Makan Gadung, 2 Dirawat di RS Ilustrasi keracunan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Satu keluarga yang berasal dari Dusun Gading 10, Kalurahan Gading, Playen mengalami keracunan makanan, Rabu (12/8/2020). Akibatnya satu orang dinyatakan meninggal dunia dan dua lainnya terpaksa dirawat di rumah sakit.

Korban meninggal atas nama Sugirah,80. Sedangkan dua korban yang dirawat di rumah sakit atas nama Tukinah,60 dan Miyarjo,65. Kerabat keluarga korban, Ngadino mengatakan, sekitar pukul 12.00 WIB ketiga korban mengalami muntah-muntah. Diduga ketiganya mengalami keracunan usai mengkonsumsi ubi jenis jalar jenis gadung. “Sempat diberikan pertolongan dengan diberikan minum susu, tapi tidak juga membaik,” katanya kepada wartawan, kemarin.

Advertisement

Berhubung tidak membaik, lanjut, Ngadino, warga pun membawa ketiga korban ke Puskesmas Playen. Namun demikian, dikarenakan keterbatasan peralatan, maka ketiganya dirujuk ke Rumah Sakit Nur Rohmah. “Kakak saya tidak tertolong. Sedangkan dua keponakan saya masih dirawat di rumah sakit,” ungkapnya.

Dia menuturkan, konsumsi gadung bukan hal baru karena dulu sering mengkonsumsi. Meski demikian, pengolahan gadung tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena salah mengolah bisa menyebabkan keracunan. Menurut Ngadino, gadung yang dikonsumsi didapatkan dari hasil kebun yang ada di belakang rumah korban. “Kemungkinan prosesnya hanya dicuci terus dimasak dan langsung dikonsumsi. Harusnya, gadung direndam terlebih dahulu sebelum dimasak,” katanya.

Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi saat dikonfirmasi membenarkan adanya keluarga yang keracunan akibat mengkonsumsi gadung. Menurut dia, akibat peristiwa ini ada satu korban meninggal dunia dan dua orang dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA: Malang, Balita di Sleman Tewas Dianiaya Pacar Ibu Hanya karena Mengompol

“Hasil keterangan dari tim medis ketigaanya diduga karena intoksinasi atau keracunan ubi jalar jenis gadung,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk kepentingan penyelidikan petugas juga sudah mengambil sampel sisa gadung yang dikonsumsi keluarga korban. “Sudah kita amankan untuk barang bukti,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement