Kenalkan Borobudur dan Prambanan, TWC Giatkan Program Twin World Heritage

Keindahan Candi Prambanan terus dikenalkan kepada masyarakat dunia.
16 Agustus 2020 21:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Untuk meningkatkan awareness wisatawan mancanegara dan menyetarakan World Heritage di Indonesia dengan 10 destinasi World Heritage versi Trip Advisor, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko menggelar program Twin World Heritage.

Direktur TWC, Edy Setijono mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di beberapa negara untuk menggelar program Twin World Heritage. "Ini merupakan salah satu program unggulan kami di mana kami membawa Candi Borobudur dan Candi Prambanan ke level internasional dengan melakukan kerjasama antara manajemen situs warisan budaya dunia yang ada di dunia," katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Minggu (16/8/2020).

Bentuk kerjasama yang dilakukan, kata Edy di antaranya joint promotion, pengembangan SDM pengelolaan world heritage, joint exhibition, exchange market dan pertukaran budaya. Beberapa pihak yang sudah menjalin kerjasama dengan program ini, katanya, meliputi Archaelogical Survey of India (ASI) pengelola Taj Mahl (India), Apsara National Authority Pengelola Angkor Wat (Kamboja), Direção Geral do Património Cultural (DGPC) pengelola Monastery Batalha (Portugal).

Baca Juga: Uji Klinis Vaksin COVID-19 Sinovac, 1.866 Orang Sudah Mendaftar Jadi Relawan

Saat ini, katanya, pihaknya memproses Kerjasama Program Twin World Heritage antara Candi Borobudur dan Monastery Batalha, Machu Picchu, Peru. "Kerjasama ini menandai upaya bersama pemerintah kedua Negara dalam memperkuat hubungan bilateral di bidang budaya dan warisan budaya," ujar Edy.

Kerjasama tersebut, lanjut dia, akan memberikan penekanan khusus pada upaya mempromosikan tujuan wisata budaya, mendorong pelestarian situs-situs warisan juga memfasilitasi pertukaran budaya. Termasuk berfungsi sebagai platform bersama untuk berbagi pengalaman pengembangan tentang SDM, produk pariwisata dan strategi komunikasi umum antara kedua belah pihak. "Jadi ini menjadi wadah untuk menciptakan sinergi dan memunculkan ide-ide inovatif yang suatu hari akan mendatangkan manfaat jangka panjang bagi kedua situs," katanya.

Dia berharap melalui program Twin World Heritage tersebut, dapat terjalin harmonisasi atau sinkronisasi budaya serta dapat meningkatkan awareness dan
meningkatkan branding Candi Borobudur dan Candi Prambanan ke tingkat Internasional yang setara dengan world heritage lain di dunia.*