Advertisement

Ratusan Pengunjung Pantai di Gunungkidul Terjaring Operasi Masker

David Kurniawan
Minggu, 16 Agustus 2020 - 22:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ratusan Pengunjung Pantai di Gunungkidul Terjaring Operasi Masker Foto ilustrasi: Wisatawan bermain dan berenang di Pantai Parangtritis, Bantul. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Penerapan protokol kesehatan di kawasan wisata belum benar-benar terlaksana dengan baik. Sebab masih banyak pengunjung yang terjaring operasi masker yang dilakasanakan oleh anggota SAR Satlinmas, Minggu (16/8/2020).

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1 DIY, Sunu Handoko mengatakan, sesuai instruksi dari Satpol DIY, tim SAR melakukan operasi masker bagi pengunjung. Di wilayah 1 membawahi kawasan pantai mulai dari Sadeng di Kapanewon Girisubo hingga Gesing di Kapanewon Tepus. Adapun hasilnya ditemukan sekitar 90 pengunjung yang tidak memakai masker saat bermain di kawasan pantai.

Advertisement

"Operasi masker merupakan kegiatan rutin," kata Sunu, Minggu.

Baca Juga: Tambah 33 Orang, Kasus Positif Corona DIY Tembus Angka Seribu

Menurut dia, meski melanggar pengunjung tidak dikenakan sanksi. Sebab, pengunjung hanya didata serta diminta membuat surat pernyataaan mau menggunakan masker.

"Kita ikuti instruksi karena memang untuk yang melanggar hanya diminta membuat surat pernyataan," katanya.

Dijelaskannya, di dalam operasi ini sebenarnya para pelanggar juga membawa masker. Hanya saja dilepas disimpan di dalam saku atau tas, tapi ada juga yang dijadikan kalung dileher. "Paling banyak dari luar DIY. Saat dicopot, kami langsung meminta memakai kembali dengan benar," katanya.

Baca Juga: Deklarasi Bakal Calon Bupati Bantul, Hamdan Handoko Mengklaim Didukung Parpol Poros Tengah

Kondisi yang sama juga terlihat di SAR Satlinmas Wilayah 2 yang membawahi pantai dari Poktunggal hingga pantai yang berbatasan dengan wilayah Bantul. Total dalam razia masker yang berlangsung sepanjang Minggu ada 110 wisatawan yang yerjaring operasi masker. "Memang masih ada yang belum patuh dengan protokol kesehatan di kawasan wisata," kata Marjono.

Dia pun berharap kepada pengunjung mau menaati protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19. "Mari bersama-sama lawan penyebaran Corona. Kami akan terus membantu pemerintah dalam upaya menegakkan disiplin tentang protokol kesehatan di kawasan wisata pantai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement