Advertisement

Bandel dengan Aturan, Ratusan Pelancong di Gunungkidul Tak Pakai Masker

David Kurniawan
Senin, 17 Agustus 2020 - 00:37 WIB
Bhekti Suryani
Bandel dengan Aturan, Ratusan Pelancong di Gunungkidul Tak Pakai Masker Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Penerapan protokol kesehatan di kawasan wisata belum benar-benar terlaksana dengan baik. Pasalnya masih banyak pengunjung yang terjaring operasi masker yang dilakasanakan oleh anggota SAR Satlinmas, Minggu (16/8/2020).

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1 DIY, Sunu Handoko mengatakan, sesuai instruksi dari Satpol DIY, tim SAR melakukan operasi masker bagi pengunjung. Di wilayah 1 membawahi kawasan pantai mulai dari Sadeng di Kapanewon Girisubo hingga GesiNg di Kapanewon Tepus. Adapun hasilnya Ditemukan sekitar 90 pengunjung yang tidak memakai masker saat bermain di kawasan pantai.

Advertisement

"Operasi masker merupakan kegiatan rutin," kata Sunu, Minggu. Menurut dia, meski melanggar pengunjung tidak dikenakan sanksi. Pasalnya, pwngunjung hanya didata serta diminta membuat surat pernyataaan mau menggunakan masker.

"Kita ikuti instruksi karena memang untuk yang melanggar hanya diminta membuat surat pernyataan," katanya.
Dijelaskannya, didalam operasi ini sebenarnya para pelanggar juga membawa masker. Hanya saja dilepas disimpan didalam saku atau tas, tapi ada juga yang dijadikan kalung dileher. "Paling banyak dari luar DIY. Saat dicopot, kami langsung meminga memakai kembali dengan benar," katanya.

BACA JUGA: Dibuka, Program Hibah Modal Usaha Rp2 Miliar untuk Wirausaha Muda. Begini Cara Daftarnya...

Kondisi yang sama juga terlihat di SAR Satlinmas Wilayah 2 yang membawahi pantai dari Poktunggal hingga pantai yang berbatasan dengan wilayah Bantul. Total dalam razia masker yang berlangsung sepanjang Minggu ada 110 wisatawan yang yerjaring operasi masker. "Memang masih ada yang belum patuh dengan protokol kesehatan di kawasan wisata," kata Marjono.

Dia pun berharap kepada pengunjung mau menaati protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran virus corona. "Mari bersama-sama lawan penyebaran corona. Kami akan terus membantu pemerintah dalam upaya menengakan disiplin tentang protokol kesehatan di kawasan wisata pantai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement