Advertisement

Rp1,9 Triliun Duit Ganti Rugi Tol Jogja Solo Siap Dikucurkan Akhir Tahun

Abdul Hamied Razak
Kamis, 20 Agustus 2020 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Rp1,9 Triliun Duit Ganti Rugi Tol Jogja Solo Siap Dikucurkan Akhir Tahun Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Solo Wijayanto mengatakan proses pembangunan untuk seksi pertama lahan dari Kartosuro-Jogja diharapkan dimulai pada pertengahan 2021. Untuk pembebasan lahan sendiri disiapkan Rp1,9 triliun dari total anggaran Rp6,2 triliun (seksi dua dan seksi tiga).

"Jika proses pengadaan tanahnya tidak mendapat hambatan selama September-Oktober, pada bulan November-Desember bisa dilakukan pembayaran kerugian," katanya, Kamis (20/8/2020).

Advertisement

Totok mengatakan pembebasan lahan tersebut untuk seksi pertama bergerak dari Purwomartani ke timur sementara dari Kartosuro bergerak ke Barat. Dia berharap pembebasan lahan bisa selesai sebelum akhir tahun. "Proses pengukuran targetnya selesai dalam satu bulan, inventarisasi dan ganti kerugian selesai dalam satu bulan berikutnya, kami langsung ke Barat (seksi kedua)," katanya.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pemasangan patok untuk pembangunan jalan tol di DIY merupakan momentum bersejarah karena pertama terjadi di DIY. Dia berharap dengan pemasangan patok tol Jogja-Solo, pembebasan tanah bisa selesai dengan cepat. "Sebelum akhir tahun bisa selesai pembayaran kerugiannya. Tidak perlu menunggu akhir tahun," kata Aji.

Jika proses pembayaran ganti kerugian dilakukan, kata Aji, maka warga terdampak bisa memanfaatkan dana untuk hal-hal yang diperlukan. Partisipasi masyarakat, katanya dibutuhkan untuk menyukseskan program strategis nasional ini. "Jika masih ada permasalahan bisa dirembug dengan baik sehingga tidak menimbulkan masalah sosial," harapnya.

Oleh karenanya, meskipun sosialisasi rencana pembangunan jalan tol ini sudah dilakukan namun pihaknya masih akan terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada warga terdampak. "Terutama soal apa saja yang harus disiapkan. Nanti BPN yang melaksanakan pembebasan tanah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 51 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement