Begini Kondisi 121 Nakes di Bantul yang Positif Terinfeksi Corona

Ilustrasi. - Freepik
21 Agustus 2020 11:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Bantul terus bertambah. Hingga 21 Agustus 2020, sudah ada 121 nakes di Bantul terinfeksi virus Corona.

“Sampai hari ini ada 121 nakes yang positif. Semua orang tanpa gejala,” kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Penularan Virus Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso, Jumat (21/8/2020).

BACA JUGA: Pesawat N250 Buatan Habibie Nyaris Tersangkut di Gerbang Tol Semarang

Oki, panggilan akrab Sri Wahyu Joko Santoso, menambahkan 121 nakes yang positif tersebut tidak hanya berasal dari puskesmas, tetapi juga rumah sakit, baik negeri maupun swasta di Bantul.

Meski ada nakes yang positif, pelayanan kesehatan di Bantul tidak terpengaruh. Sebab, banyak puskesmas maupun rumah sakit menerapkan shifting, agar pelayanan kesehatan tetap berjalan.

“Jadi secara global enggak ada masalah,” lanjut Oki.

BACA JUGA: Viral Konser Campursari di Pantai Parangkusumo Didatangi Ribuan Orang, Ternyata Tidak Berizin

Oki mengungkapkan sejauh ini tidak ada kendala karantina. Nakes yang positif tersebut rata-rata melakukan karantina secara mandiri.  Ruan karantina juga disediakan rumah sakit rujukan Covid-19.

“Seperti di PKU dan RSPS yang punya ruangan sendiri dan diperuntukkan khusus untuk karyawannya sendiri,” terang Oki.

Dinas telah menyiapkan dua lokasi karantina, yakni sebuah gedung di Sidomulyo, Bambanglipuro dengan kapasitas 16 bed dan BPSDM Sewon yang berkapasitas 25 bed. Kedua gedung ini dipersiapkan dan mulai diisi setelah keberadaan bed di RS Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) Bantul hampir penuh.

“Dari kapasitas 50 sekarang sudah 30-an yang terisi. Sedangkan 10 bed disiapkan untuk kohorting,” ucap Oki.