Advertisement

NasDem Resmi Usung Immawan-Martanty di Pilkada Gunungkidul

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 21 Agustus 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
NasDem Resmi Usung Immawan-Martanty di Pilkada Gunungkidul Ketua DPW NasDem DIY Subardi/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Partai NasDem resmi mengusung pasangan Immawan Wahyudi - Martanty Soenar Dewi sebagai Calon Bupati - Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul pada Pilkada serentak, 9 Desember mendatang.

Kepastian dukungan Nasdem untuk pasangan ini tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem No.152-Kpts/DPP NasDem/VIII/2020 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal Johnny G. Plate.

Advertisement

Ketua DPW NasDem DIY, Subardi mengatakan penentuan pasangan Immawan-Martanty dipertimbangkan pada beberapa hal. Selain popularitas dan akseptabilitas keduanya juga memiliki elektabilitas yang baik. "Seluruh faktor tersebut dikuatkan oleh keinginan masyarakat yang dihasilkan melalui survei," kata Mbah Bardi saat dihubungi, Jumat (21/8/2020).

Dijelaskan dia, survei yang dilakukan Nasdem menggunakan metode ilmiah untuk menterjemahkan kehendak masyarakat. Hasilnya, keinginan masyarakat sangat kuat agar Gunungkidul kembali dipimpin oleh sosok seperti Immawan. "Immawan dalam survei kami menempati top rangking, ini hasil survei terbaru," ujar Anggota Komisi VI DPR RI tersebut.

Dengan modal sembilan kursi DPRD, katanya, NasDem dapat mengusung sendiri pasangan ini. Menurut Subardi, penentuan pasangan Imawan-Martanti tidak terpengaruh dengan tarik ulur koalisi maupun politik transaksional yang lazim terjadi selama ajang kontestasi. Selain survei, katanya, komunikasi dan penyamaan visi misi menjadi rangkaian proses yang dijalankan dengan tetap memegang penuh asas demokrasi.

Menurutnya, pola-pola transaksional seperti adanya mahar politik akan memicu terjadinya korupsi-kolusi sistematis yang pada akhirnya, kepala daerah akan menanggung beban materil. "Asas demokrasi membuka peluang kepada siapapun. Kami memilih figur yang layak, memiliki kapasitas dan integritas serta berpengalaman. Itulah mengapa NasDem tidak butuh mahar politik," tegasnya.

Sekadar diketahui, Immawan Wahyudi saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Gunungkidul. Adapun Martanti merupakan tokoh perempuan kelahiran Gunungkidul. Pengalamannya di bidang aktivis dan pemberdayaan masyarakat menjadi pelengkap pasangan ini untuk menuntaskan berbagai perosalan di Gunungkidul.

"Saat ini NasDem tinggal menunggu waktu untuk mendeklarasikan pasangannya sebelum mendaftarkan ke KPUD pada 4 September mendatang," katanya.

Terpisah, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi enggan berkomentar banyak terkait turunnya rekomendasi dari Partai Nasdem tersebut. Dia masih menunggu penyerahan secara resmi rekomendasi kepada dirinya. "Dereng (belum mau berkomentar) mas. Nenggo penyerahan resmi.
Kayaknya dalam waktu dekat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement