Pembangunan Rooftop Pasar Prawirotaman Bikin Warga Semangat Gerakkan Ekonomi Kreatif

Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi melihat potensi yang dimiliki RT 43 Kampung Keparakan Lor. - Ist/Pemkot.
24 Agustus 2020 15:47 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, MERGANGSAN--Pembangunan rooftop Pasar Prawirotaman yang menampung industri kreatif nampaknya turut membantu semangat warga di sekitarnya. Meski di tengah situasi pandemi, warga RT 43 Keparakan Lor, Mergangsan semangat ciptakan berbagai inovasi.

Mayoritas warga RT 43 merupakan pelaku UMKM. Ketua RT 43 Keparakan lor, Mergangsan, Kota Jogja Bambang Satrio menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 begitu berpengaruh terhadap warganya khususnya yang meggeluti UMKM. Namun di tengah keterbatasan kondisi tersebut, warga tetap berusaha mandiri menghadapi situasi yang ada.

"Kami mengajak mereka untuk terus aktif, bangkit dan berkreasi, dan kami juga menghidupkan industri rumahan yang ada di wilayah," terangnya, Minggu (23/8/2020).

BACA JUGA : Lantai Atas Pasar Prawirotaman Dilengkapi Panggung hingga

Salah satunya dengan berbagai inovasi kuliner yang memiliki potensi tinggi untuk dicicipi para wisatawan. Meski beberapa produk UMKM warga Keparakan bahkan sudah dijual ke manca negara, Bambang menilai produk tersebut hanya perlu dikembangkan dan dipercantik kemasannya. Dijelaskan Bambang selama pandemi warga RT 43 juga melukis rumah-rumah mereka dengan tema pemandangan alam.

"Harapannya nanti kampung Keparakan Lor bisa menjadi salah satu kampung wisata yang menarik untuk para wisatawan," ujarnya.

Cita-cita warga Keparakan Lor jelas mungkin dapat terjadi. Pasalnya melalui Rooftop Pasar Prawirotaman pemandangan  Jogja Kota dapat terlihat, tak terkecuali warna-warni rumah yang telah dilukis warga dapat dilihat dari atas gedung pasar tersebut.

Camat Mergangsan, Rini Rahmawati sangat  mendukung adanya pengembangan program ekonomi kreatif yang diharapkan bisa menghidupkan wilayah di sekitar pasar Prawirotaman khususnya Mergangsan.

"Harapannya dengan adanya pasar ekonomi kreatif yang berada di Prawirotaman bisa menghidupkan wilayah di sekeliling Prawirotaman termasuk tiga Kelurahan di wilayah Mergangsan sehingga nantinya bisa menambah pendapatan masyarakat," ungkapnya.

BACA JUGA : Sensasi Hangout di Rooftop Tertinggi di Kota Jogja

Kemandirian masyarakat dalam melakukan berbagai macam program kreatif mendapat apresiasi dari Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Heroe menilai bahwa saya kegiatan yang berawal dari swadaya memiliki sifat yang akan tahan lama.

"Ini sangat luar biasa karena ini merupakan swadaya masyarakat dan biasanya kalau swadaya dari masyarakat nanti akan abadi, semoga kampung ini menjadi kampung yang berdaya saing menuju internasional," tuturnya.

Heroe yang sempat mendatangi logo Nglarisi Warga dari Kelompok Nglarisi Mak43 milik warga RT 43 Keparakan Lor, menyebutkan bahwa jika dibangunnya rumah ekonomi kreatif di lantai empat Pasar Prawirotaman akan menjadikan pasar tersebut menjadi pasar yang lebih modern.

Melihat adanya fasilitas yang ada di Pasar Prawirotaman, Heroe mengajak masyarakat di sekitar Prawirotaman untuk mendukung keberadaan tersebut agar memperoleh manfaat.

"Agar tetesan [manfaat] dari rumah ekonomi kreatif bisa sampai ke masyarakat yang berada di sekitar kecamatan Mergangsan," katanya.