Seorang Anggota DPRD Bantul Positif Covid-19

Foto Ilustrasi Petugas Dinas Kesehatan Kota Jogja meneliti sampel darah para pedagang dalam tes cepat atau Rapid Diagnostic Test (RDT) Covid-19 di Pasar Beringharjo, Jogja, Rabu (03/06/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto
24 Agustus 2020 10:50 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul dinyatakan terkonfirmasi positif Coronavirus Disease atau Covid-19. Anggota Dewan dari salah satu partai politik peserta Pilkada 2020 itu kini harus diisolasi di rumah sakit.

"Benar ada salah satu positif [anggota ]dewan," kata Juru Bicara Penangan Covid-19 Bantul,  Sri Wahyu Joko Santoso,  saat dihubungi Senin (24/8/2020).

Saat ini Dinas Kesehatan Bantul juga sedang melakukan penelusuran yang berkontak langsung dengan anggota Dewan tersebut.  "Tracing sedang dilakukan.  Tergantung kontak erat," ucap Sri Wahyu yang biasa disapa dokter Oki ini.

BACA JUGA : Jumlah Positif Covid-19 DIY Melonjak, Ini Penyebabnya

Pantauan di lapangan,  semua ruangan di gedung Dewan Bantul disemprot cairan disinfektan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul dan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bantul. 

Belum ada penjelasan dari Sekretariat Dewan,  namun Ketua DPRD Bantul,  Hanung Raharjo mengatakan saat ini pihaknya tengah berkonsultasi dengan Gugus Tugas Perceptan Penanganan Covid-19 dan Dinas Kesehatan terkait protokol kesehatan yang harus dilakukan Dewan.  "Kami sedang konsultasi untuk dapat memberikan saran dan masukan sesuai protokol kesehatan, " kata dia.

Hanung memastikan  ada kegiatan yang kemungkinan tertunda akibat adanya anggota Dewan positif tersebut.  Namun pihaknya masih menunggu saran terlebih dahulu agar kebijakan yang diambil sesuai protokol kesehatan.

BACA JUGA : Covid-19 di Jogja Dinilai Telah Masuki Fase Transmisi