Dua Nakes Positif, Puskesmas II Pengasih Ditutup

Ilustrasi. - Freepik
01 September 2020 18:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Puskesmas II Pengasih, Kalurahan Margosari, Kapanewon Pengasih, ditutup sementara menyusul adanya dua tenaga kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Baning Rahayujati, mengatakan dua nakes itu adalah KP-77, perempuan, 28, asal Kapanewon Lendah dan KP-80, perempuan, 26, asal Kapanewon Pengasih. Untuk KP-77 masih ditelusuri riwayat kontak eratnya sedangkan KP-80 diketahui tertular KP-72, laki-laki, 51, asal Pengasih.

"Dua pasien tersebut berstatus orang tanpa gejala dan sekarang dirawat di RST (Rumah Singgah Teratai) RSUD Wates," kata Baning kepada awak media, Selasa (1/8/2020).

Imbas dari adanya dua nakes yang dinyatakan positif Covid-19, kini puskesmas II Pengasih telah ditutup sementara sampai Sabtu (5/9) dan rencananya akan buka kembali pada Senin (7/9). Seluruh pelayanan di puskesmas ini sementara dialihkan ke Puskesmas I Pengasih. Gedung puskesmas dilakukan penyemprotan disinfektan.

"Sementara pegawai Puskesmas II yang pernah kontak dengan dua nakes positif dilakukan disinfeksi," ujarnya.

Baning menjelaskan di hari yang sama juga ada tambahan dua kasus baru, yakni KP-78, Perempuan, 18, Pengasih dan KP-79, laki-laki, 22, Pengasih. Keduanya yang berstatus orang tanpa gejala itu diketahui merupakan kontak erat dari KP-72 dan kini diisolasi di RST.

Dengan tambahan kasus baru sebanyak orang pada hari ini, maka total akumulasi penderita Corona di Kulonprogo sebanyak 80 orang dengan rincian 35 dirawat, 43 sembuh dan dua meninggal dunia.