Makin Meluas, Covid-19 Klaster Warung Soto di Jogja Sumbang Dua Kasus Baru

Foto ilustrasi. - Reuters
03 September 2020 06:57 WIB Hery Setiawan (ST 18) Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Sebanyak dua orang dinyatakan positif Covid-19 dari klaster warung soto Lamongan. Kabar ini menjadi indikasi bahwa persebaran virus dari warung yang berlokasi di Kecamatan Umbulharjo semakin meluas.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid - 19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengungkapkan penyintas berasal dari keluarga karyawan warung soto. Dua kasus baru itu muncul berdasarkan hasil tes usap (swab) tenggorokan terhadap lima orang yang pernah berkontak erat dengan pasien positif sebelumnya pada klaster warung soto. Dengan begitu, total kasus positif dari klaster warung soto berjumlah 13 orang.

Baca juga: Satgas Covid-19 Sebut Tidak Ada Area Aman Corona di Indonesia

“Ya, [klaster] soto Lamongan ada 13 orang konfirm positif [hari ini tambah dua, yang semula 11],” ujar Heroe kepada Harianjogja.com melalui apikasi pesan singkat, Rabu, (2/9/2020).

Laki-laki yang juga menjabat sebagai Wakil Walikota Jogja itu mengatakan pihaknya telah melakukan tes usap terhadap 25 orang. Semuanya adalah karyawan warung soto beserta keluarganya.

Sebelumnya, Gugus Tugas Covid - 19 Kota Jogja telah mengimbau kepada para pengunjung warung soto itu, utamanya yang datang selama periode bulan Agustus 2020, agar melaporkan kondisi kesehatannya. Sampai hari ini, kata Heroe baru delapan orang saja yang menindaklanjuti imbauan itu. Beberapa di antaranya telah melakukan tes usap.

Baca juga: Yang Harus Anda Lakukan Ketika Tetangga Tertular Virus Corona

“Sampai hari ini ada delapan orang yang melaporkan diri. Empat atau lima orang sudah rapid test, lalu satu atau dua orang ya sudah swab. Hasilnya belum keluar,” ujarnya.

Heroe tak dapat memastikan berapa perkiraan jumlah pengunjung yang bakal melaporkan diri selanjutnya. Namun, ada kemungkinan jumlah pelapor bertambah, mengingat warung soto itu kerap didatangi pengunjung, terutama para goweser. Untuk saat ini, kata Heroe prioritas tertuju pada penelusuran kontak erat dan riwayat perjalanan pasien positif.

Selain dua kasus baru dari klaster warung soto Lamongan, Heroe juga mengabarkan ada sumbangan dua kasus positif dari klaster warung kelontong. Pada hari Rabu, (2/9/2020), total ada 12 kasus baru di Kota Jogja. Sementara itu, untuk total kasus positif baru di Provinsi DIY mencapai 29 kasus.