Advertisement

Wisatawan Tenggelam di Parangtritis Ditemukan Meninggal di Pantai Cangkring

Ujang Hasanudin
Sabtu, 05 September 2020 - 17:27 WIB
Sunartono
Wisatawan Tenggelam di Parangtritis Ditemukan Meninggal di Pantai Cangkring Korban saat dievakuasi ke Posko SAR, Sabtu (5/9/2020). - Ist/dok.Basarnas DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Faran Diva Bahtyarta, 18, warga Madiun, Jawa Timur, wisatawan korban tenggelam yang hilang di Pantai parangtritis pada Jumat (4/9) lalu akhirnya ditemukan di Pantai Cangkring, Poncosari, Srandakan, Bantul, Sabtu (5/9/2020) siang. Korban ditemukan sekitar sekitar pukul 14.40 WIB dalam kondisi meninggal dunia.

“Jarak penemuan Korban Dari Lokasi kejadian kurang lebih 10,5 kilometer ke arah Barat dari lokasi kejadian,” kata Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) DIY, L.Wahyu Efendi, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (5/9/2020).

Advertisement

BACA JUGA : 5 Wisatawan Terseret Ombak di Parangtritis, 4 Selamat

Wahyu Efendi mengatakan korban pertama kali ditemukan oleh tim gabungan pencarian dan penyelamatan yang melakukan penyisiran di wilayah barat. Tim kemudian melakukan evakuasi jenazah korban dari tengah ke pinggir pantai. Dari hasil identifikasi jenazah tersebut diyakini Faran Diva Bahytarta.

Setelah itu korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dibawa ke rumah duka di Madiun, Jawa Timur. “Dengan ditemukannya Korban terseret ombak di pantai Parangtritis operasi SAR di tutup dan semua unsur tim SAR gabungan dikembalikan ke kesatuannya masing-masing,” ujar Wahyu Efendi.

Dalam proses pencarian di ini ti gabungan pencarian dan penyelamatan membagi dalam beberapa regu pencarian. Wahyu Efendi mengatakan ntuk pencarian hari kedua ini untuk Search And Rescue (SRU UNIT) di bagi menjadi 5 SRU. Untuk SRU satu melakukan penyisiran dari Pantai Parangtritis ke arah timur sampai Pantai Parangendog dengan jarak sekitar 1,8 ilometer. SRU dua melakukan penyisiran dari Pantai Parangtritis ke arah barat sampai Pantai Parangkusumo dengan jarak sekitar satu kilometer.

BACA JUGA : Terseret Ombak Parangtritis, Tubuh Korban Ditemukan 1 Km

Adapun SRU tiga melakukan penyisiran dari pantai Parangkusumo ke arah barat sampai pantai Cemoro Sewu dengan jarak sekitar 1,5 kilometer, SRU empat melakukan penyisiran dari pantai Cemoro Sewu  ke Barat sampai Pantai Depok denan jarak dua kilometer dan untuk SRU lima melakukan penyisiran menggunakan perahu jukung milik Sarlinmas Parangtritis ke arah barat dengan jarak 1,5 kilometer.

Sebelumnya korban Faran Diva Bahtyarta bersama tiga temannya terseret ombak saat sedang mandi di pantai Parangtritis pada Jumat lalu, sekitar pukul 06.00 WIB. Mereka bermain air di area palung. Ketiga teman korban dapat terselamatkan, sementara korban hilang hingga ditemukan dalam kondisi meninggal dunia lebih dari 24 jam.

BACA JUGA : Buntut 7 Korban Tenggelam di Gua Cemara, Bantul Bakal

Koordinator Sarlinmas Wilayah III Parangtritis Bantul, Ali Sutanto mengatakan sebenarnya rombongan korban dari madiun itu datang tujuh orang .Setelah memarkir kendaraan ketujuh orang tersebut bermain di pantai untuk berswafoto.

“Dari tujuh orang itu, tiga main di tepian pantai, sementara empat orang lainnya mandi dan posisinya di sekitar palung laut,” kata Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement