Ada Tirtoadi Smart Village di Sleman

Peluncuran Tirtoadi Smart Village ditandai dengan pembukaan tirai tower internet dan pemukulan kentongan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo di Lokasi Wisata Embung Senja, Sabtu (5/9/2020) sore-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak
07 September 2020 05:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN– Mengatasi kesenjangan digital sekaligus memberdayakan UMKM, ekonomi kreatif dan beragam program pemberdayaan masyarakat, Kalurahan Tirtoadi bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirtamas meluncurkan Tirtoadi Smart Village.

Direktur BUMDes Tirtamas, Wahjudi Djaja menyampaikan saat ini terdapat 11 menara (tower) koneksi internet yang mampu menjangkau 15 Padukuhan di Tirtoadi. Dengan demikan diharapkan masyarakat secara bertahap dapat mengakses jaringan internet secara murah dan jaringan yang terjaga.

"Ini bisa memberi makna pada kebangkitan ekonomi desa. Bagaimanapun desa cerdas, desa pinter, desa berbasis teknologi adalah persyaratan saat semua stakeholder sepakat untuk berlari mengejar ketertinggalan," katanya di sela peresmian.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyebut peluncuran Tirtoadi Smart Village dengan mengembangkan teknologi informasi di dalamnya, selaras dengan visi Sleman untuk mewujudkan masyarakat Sleman yang lebih sejahtera, mandiri, berbudaya dan terintegrasikannya sistem e-government menuju smart regency.

"Peluncuran Tirtoadi Smart Village yang merupakan bagian dari layanan BUMDes Tirtamas ini saya harap dapat meningkatkan potensi seluruh desa wisata untuk memberdayakan masyarakat di sekitarnya. Terlebih lagi smart village ini sangat selaras dengan visi Kabupaten Sleman," kata Sri.

Pendirian BUMDes, katanya, selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga untuk meningkatkan daya saing desa. Pengembangan BUMDes dinilai sebagai upaya menekan urbanisasi dan membuka lapangan pekerjaan baru untuk mengurangi jumlah pengangguran.

"Saya berharap BUMDes Tirtamas ini dapat memberikan lapangan kerja yang menjanjikan bagi masyarakat Tirtoadi. Karena hakikatnya BUMDes merupakan sebuah badan usaha yang penyertaanya berasal dari Desa dan ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat Desa itu sendiri," ujar Sri.